Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Menkop Targetkan Rasio Kewirausahaan Meningkat

Kompas.com - 21/03/2017, 22:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menargetkan rasio wirausaha di Indonesia mencapai 4 persen pada awal 2017.

Target itu diharapkan akan tercapai dengan kerja sama semua pihak, pemerintah pusat, pemda, kampus dan mahasiswa, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak lainnya.

Kementerian Koperasi dan UKM telah merilis rasio wirausaha tahun 2016 di tanah air mencapai 3,1 persen meningkat dari ratio sebelumnya 1,67 persen.

"Ini berarti, rasio kewirausahaan Indonesia sudah melampui batas minimal ratio kewirausahaan sebuah negara, yaitu dua persen. Dalam kurun waktu dua tahun  dapat dicapai rasio kewirausahaan 3,1 persen mudah-mudahan tahun depan naik menjadi 4 persen," ujar Menkop Puspayoga melalui keterangan resmi, Selasa (21/3/2017).

Menurut Menkop Puspayoga, sebuah ironi negara sebesar Indonesia dengan populasi sekitar 250 juta orang, namun, jumlah kewirausahaannya masih rendah.

"Kami ingin rasionya paling tidak sama dengan Malaysia yang  mencapai lima persen, tidak perlu seperti Jepang dan Amerika Serikat yang sudah mencapai lebih dari 10 persen,” kata Menkop Puspayoga.

Dia mengemukakan target empat persen tersebut sangat mungkin dicapai jika ada kerja sama semua pihak antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, mahasiswa dan kampus.

"Mahasiswa dan kampus  merupakan sasaran yang paling potensial untuk menumbuhkan kewirausahaan. Kami datangi kampus-kampus untuk meningkatkan rasio ini," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com