Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di 2017, Pertamina EP Targetkan Pendapatan 2,81 Miliar Dollar

Kompas.com - 23/03/2017, 05:23 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina EP menargetkan mampu memproduksi minyak sebanyak 83.865 barel per hari (bph). Target tersebut naik tipis jika dilihat capaian produksi di 2016 sebanyak 83.674 bph.

Dari target produksi tersebut, Pertamina EP menargetkan mampu memperoleh pendapatan sebesar 2,81 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 36,53 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS).

 

Pelaksana tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf mengatakan, guna mencapai target produksi minyaknya, anak usaha PT Pertamina (Persero) ini akan memaksimalkan pengembangan sumur minyak dan gas bumi (migas).

Sementara untuk produksi gas, di tahun ini ditargetkan bisa mencapai 1.042 million standard cubic feet per day (MMSCFD), naik dari capaian tahun sebelumnya sebesar 989 MMCFD.

Guna mencapai target tersebut, Pertamina EP akan memaksimalkan beberapa proyek pengembangan. Contohnya seperti proyek pengembangan gas Donggi Matindok, proyek pengembangan Paku Gajah, Cikarangan Tegal Racing Development Project dan proyek pengembangan Lapangan Jirak.

"Selain Jirak, tiga proyek pengembangan itu sudah bisa beroperasi Maret sampai April 2017," kata Nanang di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Target pendapatan sebesar 2,81 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 36,53 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS) tersebut lebih besar dari realisasi pendapatan di 2016 yang mencapai 2,49 miliar dollar AS.

Sementara untuk keuntungan sebelum pajak sebesar 1,03 miliar dollar AS atau lebih besar dibanding tahun sebelumnya 835 juta dollar AS.

Menurut Nanang, Pertamina EP akan melakukan eksplorasi masif di tahun ini untuk meningkatkan cadangan dan produksi minyak dan gas bumi (migas) yang targetkan bertambah cadangan migas 78,19 MMBOE dan target temuan sumberdaya eksplorasi 2C 321 BOE.

"Langkah masif akan dilakukan untuk mengejar target tambahan cadangan migas 78,19 MMBOE (juta barel setara minyak) dan target temuan sumberdaya eksplorasi 2C 321 MMBOE," pungkas Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com