Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Pastikan Jual Sukuk Global Lebih dari 2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 23/03/2017, 13:23 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan kembali menjual obligasi syariah atau sukuk ke pasar global tahun ini. Rencananya sukuk global itu akan dirilis Maret ini.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, pemerintah kini tengah mempersiapkan segala keperluannya. Adapun terkait besarannya, tak jauh berbeda dengan tahun lalu.

"Mungkin akan lebih besar dari 2 miliar dollar AS," ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu di Jakarta Convention Center, Kamis (23/2/2017).

Tahun lalu, pemerintah menerbitkan sukuk senilai 2,5 miliar dollar AS, yang terdiri atas sukuk lima tahun sebesar 750 juta dollar AS dan sukuk 10 tahun sebesar 1,75 miliar dollar AS.

Investor terbesar sukuk berjangka lima tahun dan sepuluh tahun berasal dari negara-negara Timur Tengah, Singapura, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Penjualan sukuk merupakan salah satu opsi agar pemerintah mendapatkan dana segar untuk keperluan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com