Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persediaan AS Tekan Harga Minyak ke Level 47,70 Dollar AS per Barel

Kompas.com - 24/03/2017, 10:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia terbenam pada Kamis (23/3/2017) setelah berjuang untuk pulih dari titik terendah empat bulan, karena  Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNBC, Jumat (24/3/2017) patokan harga internasional Brent berjangka jatuh 11 sen ke level 50,53 dollar AS per barel, namun ini membaik dari hari sebelumnya yang tergelincir sampai ke 49,71 dollar AS per barel, titik terendah sejak 30 November 2016 di saat OPEC mengumumkan rencana pemangkasan produksi.

Sementara itu, patokan harga West Texas Intermediate (WTI) berjangka tenggelam 34 sen ke level 47,70 dollar AS per barel, setelah di hari sebelumnya terancam lebih rendah dari 47 dollar AS.

OPEC telah mencapai hampir seluruh komitmen, namun produsen non-OPEC belum. Di sisi lain, produsen minyak serpih AS terus memompa produksi sejak harga minyak bangkit dari level di bawah 30 dollar AS pada tahun lalu.

"OPEC telah melakukan yang terbaik yang mereka lakukan untuk membuat harga naik, namun nampaknya pasar menolak itu," kata Oliver Sloup, manager director di IITrader.com.

"Kami rasa mereka tidak akan patuh seperti yang sudah-sudah," katanya.

Dia menambahkan, pasar bisa jadi lebih tertekan melihat jumlah rig AS yang terus bertambah, mengindikasikan pertumbuhan produksi melampaui permintaan.

Para Menteri dari negara-negara anggota OPEC dan non-OPEC menyampaikan akan menggelar pertemuan pada lusa, Minggu (26/3/2017) di Kuwait untuk membahas tingkat kepatuhan.

Sebagai informasi, pasokan minyak dunia terus meningkat meskipun OPEC memangkas produksi. Pada Rabu, Badan Administrasi Informasi Energi (EIA) melaporkan persediaan minyak mentah pekan lalu membengkak 5 juta barel menjadi 533,1 juta barel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com