Sido Muncul Masuk Pasar Filipina dan Jepang Tahun Ini - Kompas.com

Sido Muncul Masuk Pasar Filipina dan Jepang Tahun Ini

Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Kompas.com - 25/03/2017, 20:58 WIB
Kompas.com/ Syahrul Munir Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat menerima kunjungan 160 delegasi Womens International Club (WIC) dari dalam dan luar negeri di pabrik jamu PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Jl Sukarno Hatta Km 28 Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (23/3/2017) siang.

UNGARAN, KOMPAS.COM - Produsen jamu dan herbal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, tahun ini berencana memasuki pasar Filipina dan Jepang. Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat di sela menerima kunjungan delegasi Women's International Club (WIC) di pabrik jamu Sido Muncul di Semarang.

Irwan mengatakan, porsi produk Sido Muncul untuk pasar ekspor saat ini berkisar 4 sampai 5 persen dari total penjualan. Ia menolak angka tersebut terbilang kecil, lantaran pertumbuhannya selalu dibarengi dengan peningkatan penjualan di dalam negeri.

"Kalau pasar internasional sekitar 4 sampai 5 persen, karena setiap kali ekspor tumbuh, Indonesia juga tumbuh. Tahun ini kita akan masuk secara resmi ke Filipina, terus ke Jepang," kata Irwan.

"Kita (juga) lagi mempertimbangkan Taiwan sama Korea Selatan," imbuhnya.

Saat ditanya berapa penjualan yang diproyeksikan dari pasar resmi di Filipina dan Jepang tesebut, Irwan menyebutkan pada tiga tahun pertama akan fokus pada pengenalan produk kepada konsumen. Sehingga pada tahun tersebut, Sidomuncul tidak akan memasang target penjualan.

"Ini kan memasarkan, mungkin mulai berhasil pada tahun ketiga," jelasnya.

Seperti diketahui pada tahun 2015, petinju top dunia Emmanuel ‘Manny’ Pacquiao datang ke Indonesia untuk membintangi iklan produk dari Sido Muncul.

Saat itu Irwan berharap kehadiran "Pacman" di iklan terbaru Sido Muncul bisa membuat produk Indonesia merambah di pasar internasional dengan menembus Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

PenulisKontributor Ungaran, Syahrul Munir
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X