Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Sukuk Global, Pemerintah akan Rilis Euro dan Samurai "Bond"

Kompas.com - 30/03/2017, 18:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah baru saja menerbitkan sukuk global senilai 3 miliar dollar AS.

Namun tak sampai disitu, pemerintah juga akan menerbitkan surat berharga negara (SBN) berdenominasi euro (Euro Bond) dan yen (Samurai Bond).

"Namun kami tidak boleh menjelaskan mengenai itu baik size dan timing-nya," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Meski begitu, pemerintah akan melihat situasi dan kondisi sebelum menerbitkan Euro Bond dan Samurai Bond. Termasuk situasi politik di sejumlah negara Eropa dan Jepang.

Khusus untuk Eropa, pemerintah akan menyoroti kondisi pemilihan umum (Pemilu) di sejumlah negara terutama Prancis dan Jerman. Kondisi politik itu akan mempengaruhi waktu penerbitan Euro Bond.

"Kami akan memperhatikan ini apakah sebelum atau setelah karena yang Prancis itu kan ada 2-3 kali Pemilunya," kata Robert.

"Jadi kami akan melihat situasi Pemilu dan dampaknya kepada pasar keuangan. Penerbitan Euro Bond bisa sebelum atau sesudah (Pemilu)," sambung ia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com