Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Pangan, BI Akan Rapat dengan Pemerintah Pusat dan Daerah di Semarang

Kompas.com - 30/03/2017, 19:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan rapat koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) di Semarang, Jumat (31/3/2017) esok.

Rapat yang dihelat setiap kuartal tersebut bakal membahas tentang permasalahan pangan.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menerangkan, rakor kali ini adalah yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan bank sentral, terlihat pentingnya akses terkait permasalahan pangan.

“Reformasi pangan merupakan isu penting dalam asesmen ekonomi. Pemerintah juga fokus pada masalah kedaulatan pangan,” ujar Dody dalam acara media briefing di Crowne Plaza Hotel Semarang, Kamis (30/3/2017).

Dody menyatakan, persoalan pangan juga menjadi hal penting yang diperhatikan oleh bank sentral. Pasalnya, apabila terjadi permasalahan pada sektor pangan, maka dampaknya akan menjalar ke gejolak inflasi.

Rapat koordinasi tersebut akan dihadiri oleh beberapa kementerian, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perdagangan.

Selain itu, akan hadir pula perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo akan hadir pada acara tersebut. Selain itu, akan hadir pula antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dody menjelaskan, dalam rapat tersebut BI akan memaparkan mengenai konteks inflasi pangan dan kendala makroekonomi terkait sektor pangan.

Selain itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mamaparkan terkait koordinasi pemerintah pusat dan daerah dan permasalahan sisi mikro pertanian, Kementerian Perdagangan bakal memaparkan soal tata niaga perdagangan, Kementerian Pertanian terkait kebijakan di sektor pertanian, dan ketiga kepala daerah menjelaskan tentang permasalahan pertanian di daerahnya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com