Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Bulan IHSG Dibayangi Tekanan

Kompas.com - 03/04/2017, 08:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini Senin (3/4/2017) diperkirakan turun di tengah masih lambatnya penyaluran kredit perbankan.

Pada Februari penyaluran kredit perbankan hanya tumbuh 8,4 persen secara tahunan (YoY), naik tipis dari posisi Januari yang sebesar 8,2 persen.

Selain penyaluran kredit perbankan, mahalnya valuasi saham IHSG ketimbang indeks bursa Asia lainnya juga menjadi faktor pendorong tekanan.

Analis dari MNC Securities Edwin Sebayang memperkirakan, IHSG akan bergerak dalam rentang 5.521-5.609. Sedangkan Rupiah diperkirakan berada di rentang 13.265-13-395.

"Rekomendasi buy untuk PTBA, ITMG, ADHI, PTPP, TOTL, ISSP, SMGR, JPFA, dan BBNI. Sementara itu, rekomendasi sell untuk BWPT, AALI, dan LSIP," ujar Edwin kepada Kompas.com, Senin.

Edwin juga mengatakan, perkiraan turunnya IHSG pada perdagangan hari ini juga didorong mulai rasionalnya pelaku pasar bahwa spekulasi kenaikan rating Indonesia, kemungkinannya kecil terjadi.

Terakhir, kejatuhan kinerja sektor properti juga diprediksikan bakal berpengaruh terhadap perdagangan pasar hari ini. Beberapa saham di sektor ini mengalami penurunan kinerja seperti DILD, CTRA, DMAS, SSIA, serta ASRI.

Kompas TV IHSG Tembus Rekor, Apa yang Harus Diantisipasi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com