Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

Kompas.com - 05/04/2017, 19:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengingatkan pemerintah untuk tetap bekerja menjaga inflasi meski terjadi deflasi 0,02 persen pada Maret 2017.

"Deflasi di satu bulan tidak bisa kemudian jadi santai, karena ini baru tiga (bulan pertama 2017)," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Ia bersyukur terjadi deflasi pada Maret 2017. Hal itu tidak terlepas dari kondisi panen raya sehingga stok pangan tersedia dan harga pangan terjaga. Namun 9 bulan ke dalam, BI menilai pemerintah masih memiliki tangan besar untuk menjaga laju inflasi tahunan.

Tantangan itu diantaranya hari raya Idul Fitri hingga lonjakan harga minyak internasional yang akan mengerek naik harga BBM. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah tetap akan berupaya menjaga laju inflasi terutama dari sisi harga pangan.

(Baca: Maret Deflasi, Menko Darmin Tetap Ingin Tekan Harga Gula dan Daging)

Meski terjadi deflasi 0,02 pada Maret lalu, tak menyurutkan niat pemerintah tersebut. Bahkan Menko Darmin menyebutkan komoditas yang akan ditekan harganya yakni gula dan daging.

Darmin mengatakan tidak semua harga pangan akan ditekan turun oleh pemerintah. Sebab bila harganya anjlok, petani akan terkena imbasnya.

"Misalnya beras, kalau didorong (harganya turun) lagi maka petaninya nanti yang terkena imbas," kata Menko Darmin.

Ia yakin bila harga pangan bisa dijaga stabil, maka inflasi juga akan ikut terjaga tidak melewati target 4 persen di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com