Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Australia Perluas Komitmen Kerja Sama Bidang Transportasi

Kompas.com - 06/04/2017, 12:00 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Australia berkomitmen meningkatkan hubungan antara kedua negara, khususnya di bidang perhubungan.

Tidak hanya perhubungan laut dan udara, kerja sama tersebut kini didorong ke arah pengembangan transportasi darat.

Hal ini menjadi pembahasan utama dalam Indonesia - Australia Transportation Forum di Nusa Dua Bali, Kamis (6/4/2017).

Forum ini merupakan forum bilateral antar dua negara yang khusus membahas perkembangan di bidang transportasi. Forum ini digelar tiap tahun secara bergiliran antara Indonesia dan Australia.

"10 tahun yang sudah jalan mayoritas laut dan udara khususnya safety dan security," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Sugiharjo.

Menurut dia, kunjungan presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu ke Australia juga membawa dampak tersendiri bagi kerjasama di bidang transportasi antar kedua negara.

Presiden membawa misi agar program Nawacita, khususnya transportasi, bisa diadopisi oleh kedua belah pihak.

Forum Indonesia - Australia Transportation Forum kali ini merupakan forum yang akan merumuskan poin-poin kerja sama yang akan disepakati kedua negara.

Selain menargetkan kesepakatan dalam bentuk memorandum of understanding (MoU), forum ini juga mendorong adanya kerja sama infrastruktur dalam kaitannya dengan investasi swasta.

"Kami juga mendorong peran aktif BUMN dan swasta, sehingga kunjungan Menhub Australia pada Oktober 2017 nanti akan membahas mengenai forum bisnis," kata Sugiharjo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com