Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pengusaha Besar Siapkan Ratusan Kapal Angkut Ikan

Kompas.com - 06/04/2017, 21:51 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyebutkan ada dua pengusaha besar yang berniat membeli hasil tangkapan ikan dari wilayah Indonesia Timur untuk dikirim ke Pulau Jawa.

Menurut Susi, dua pengusaha tersebut akan menyiapkan sebanyak 100 unit kapal untuk keperluan tersebut.

"Sekarang di meja saya ada permohonan SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan) baru dan bahkan ada pengusaha besar namanya Trenggono dan Steven sudah akan membuat kapal angkut sampai 100-an untuk membeli ikan dari Indonesia Timur, bawa ke Jawa," kata Susi di kediaman dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Meski tidak secara gamblang menyebutkan berasal dari mana kedua pengusaha tersebut, namun menurut Susi, kehadiran dua pengusaha tersebut akan sangat membantu perekonomian Indonesia Timur dan memenuhi permintaan ikan di Jawa. "Ini suatu hal yang positif," ucap Susi.

Namun demikian, niat kedua pengusaha tersebut perlu mendapatkan pengawalan atas ketersediaan pasokan ikan. Jangan sampai ikan-ikan yang ada terus dikeruk tanpa ada pengembangbiakan.

"Kita juga harus tetap memonitor agar stok ikan kita terus naik, karena penduduk kita juga akan terus naik," terang Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com