Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Strategi Nasional Keuangan Inklusif, Menko Siapkan 7 Pokja

Kompas.com - 07/04/2017, 16:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelar rapat koordinasi terkait percepatan pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah sedang menyusun mekanisme dan tata kerja pelaksanan SNKI.

"Sekaligus membentuk tim yang fokus bertanggung jawab pada pelaksanaan SNKI ini,” ujarnya.

Nantinya tim tersebut akan terdiri dari 7 kelompok kerja (Pokja). Masing-masing Pokja memiliki tanggung jawab yang berbeda. Tanggung jawab itu meliputi edukasi keuangan, hak properti masyakarat, fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan, pelayanan keuangan pada sektor pemerintah.

Ada lagi tanggung jawab atas perlindungan konsumen, kebijakan dan regulasi, serta infrastruktur dan teknologi informasi keuangan.

Salah satu target dari program SNKI dan menjadi prioritas pemerintah adalah sertifikasi aset rakyat. Tahun ini pemerintah akan melakukan sertifikasi 5 juta hektar lahan.

“Alasan menggunakan terminologi Sertifikasi Aset Rakyat adalah karena ini bukan hanya soal tanah, tetapi kita juga akan menjangkau peternak, nelayan, dan lain-lain," kata Darmin.

Ia menghimbau, tim Pokja yang dibentuk dapat menyiapkan strategi kebijakan yang efektif, serta mencegah adanya regulasi yang justru menghambat tercapainya target SNKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com