4 Penentu Perlu Tidaknya Mengambil Asuransi Kartu Kredit - Kompas.com

4 Penentu Perlu Tidaknya Mengambil Asuransi Kartu Kredit

Kompas.com - 08/04/2017, 13:00 WIB
Thinkstock Ilustrasi kartu kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, kartu kredit yang Anda gunakan saat ini sebetulnya memiliki beberapa fitur. Fitur yang paling dikenal adalah adanya diskon serta cashback yang berguna untuk membantu Anda agar berbelanja lebih hemat.

Selain itu, sebenarnya kartu kredit juga memiliki fitur lain yaitu asuransi kartu kredit.

Sepertinya belum banyak orang yang tahu dan memanfaatkan fitur ini. Sebaiknya, Anda memang harus mempertimbangkan banyak hal terlebih dulu, jika ingin memilih dan menggunakan fitur asuransi kartu kredit ini.

Siapa tahu ini akan berpengaruh terhadap cicilan kartu kredit Anda, yang akan bertambah cicilanya, karena ikut menabung untuk asuransi tersebut.

Berikut ini, beberapa pertimbangan untuk mengambil fitur kartu kredit tersebut atau tidak :

1. Cek Arus Kas Anda

Apakah kas yang berjalan selama ini baik-baik saja? Jika baik saja, maka tidak akan masalah, namun saat terdengar ada pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, maka Anda harus kembali mencek arus kas tersebut. Jika dalam mengikutiaAsuransi kredit tersebut Anda ternyata tidak bermasalah, maka asuransi ini tidak bisa diklaim.

2. Ingat Limit Kartu kredit

Limit kartu kredit adalah salah satu indikator yang menunjukan bahwa Anda tidak boleh berbelanja melebihi limit tersebut.

Penggunaan di bawah limit saja, namun cukup maksimal, sudah akan mendatangkan tagihan baru untuk untuk di bulan berikutnya. Untuk keadaan ini, Anda juga belum bisa untuk mengklaim asuransi.

3. Periksa Rata-Rata Kebiasaan Belanja

Coba periksa rata-rata pengeluaran untuk belanja Anda. Jika memang berlebihan, maka sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit dan tidak memanfaatkan asuransi kartu kredit ini. Hidup yang boros dan berlebihan tentunya bukan faktor harus diklaimnya Asuransi kartu kredit.

4. Perhatikan Rata-Rata penggunaan Kartu Kredit

Perhatikan setiap bulanya, berapa rata-rata Anda menghabiskan waktu untuk berbelanja dengan kartu kredit.

Jika memang suatu waktu Anda berada dalam keadaan darurat dan tidak bisa memenuhi utang kartu kredit, maka asuransi ini bisa dimanfaatkan. Anda hanya tinggal melakukan klaim dan mencairkanya.

Pertimbangkan Sebelum Menggunakan Asuransi Kredit

Mengajukan klaim untuk asuransi kartu kredit tidak menyelesaikan satu masalah utang, dikhawatirkan akan ada biaya tambahan lainya terkait dengan klaim asuransi tersebut.

Sebaiknya Anda tidak dulu menggunakan cara ini, jika dalam kondisi darurat, carilah jalan keluar yang lain dulu yang lebih ringan.

EditorAprillia Ika
SumberCermati.com,
Komentar
Close Ads X