Lomba untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Penonton Banyak yang Terharu - Kompas.com

Lomba untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Penonton Banyak yang Terharu

Kompas.com - 09/04/2017, 22:51 WIB
Dok Gramedia Kids Berbagai kompetisi digelar dalam rangkaian Lomba Karya Anak Bangsa dengan teman Aku Anak Indonesia, digelar di Jakarta, Sabtu (8/4/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gramedia Kids bekerja sama dengan Sekolah Purba Adhika mengadakan sebuah acara bertajuk Lomba Karya Anak Bangsa untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) maupun reguler. Acara ini digelar di atrium One Belpark Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2017). 

Menyaksikan anak-anak berkompetisi, tak sedikit pengunjung mal yang terharu menyaksikan berbagai lomba tersebut. Beberapa penonton tampak tak kuasa menitikkan air mata. Kebanyakan penonton tak menyangka kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus di panggung tak ada bedanya dengan anak-anak pada umumnya. 

Lomba-lomba seperti menggambar, melukis, mewarnai, menyanyi, menari, hingga kompetisi band digelar dalam acara bertema “Aku Anak Indonesia”. Ratusan peserta beserta orangtua tampak bersemangat untuk unjuk bakat masing-masing di setiap lomba.

Acara ini digelar dalam rangka Hari Autisme Dunia yang diperingati setiap tanggal 2 April.
Sri Titis, Kepala Sekolah Purba Adhika menyatakan, acara ini digelar secara rutin untuk menunjukkan minat dan bakat siswa-siswi di sekolahnya, terutama yang memiliki kebutuhan khusus.

“Acara ini kami adakan sebagai wadah untuk para murid agar mereka dapat mengekspresikan diri dan juga menunjukkan kemampuannya kepada masyarakat umum,” jelasnya.

Sekolah Purba Adhika sendiri merupakan sekolah berjenjang SD, SMP, SMA bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan juga siswa-siswi regular. Program pendidikan sekolah yang berfokus pada 60 persen skill dan 40 persen akademik ini mampu mengarahkan serta mendidik para murid untuk menguasai sebuah kelebihan secara maksimal.

“Prosentase murid di sekolah kami adalah 80 persen ABK dan 20 persen reguler. Metode pendidikan yang kami lakukan tentunya berbeda dengan sekolah pada umumnya. Fokus kami menggali potensi yang ada pada setiap anak, agar dapat dikembangkan secara maksimal,” sambung Titis.

Mulai tahun ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Gramedia Kids untuk secara rutin mengadakan hal serupa setiap tahunnya.

Dok Gramedia Kids Berbagai lomba digelar dalam rangkaian Lomba Karya Anak Bangsa dengan tema Aku Anak Indonesia. Lomba ini digelar pada Sabtu (8/4/2017).
Assistant Manager Gramedia Kids One Belpark, Sulistia Yunia Astuti menyatakan, Gramedia Kids senantiasa membuka kesempatan kerja sama seluas-luasnya kepada seluruh sekolah untuk bekerja sama dalam berbagai hal.

“Yang pasti pada hari ini kami bekerja sama dengan Sekolah Purba Adhika. Acara Ini sesuai visi misi kami ( Gramedia Kids) untuk senantiasa mendampingi perkembangan anak-anak Indonesia secara umum dalam bidang pendidikan,” jelas Tuti.

“Seperti yang kita ketahui, masyarakat kita mayoritas masih memandang sebelah mata para Anak Berkebutuhan Khusus. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan bakat dan kelebihan yang mereka miliki. Ternyata (kelebihan) mereka sepadan atau malah lebih bagus dari anak-anak pada umumnya,” tambahnya.

Gramedia Kids merupakan anak perusahaan PT Gramedia Asri Media yang memiliki segmentasi khusus anak-anak. Melalui Gramedia Kids, kebutuhan pendidikan seperti buku, serta berbagai mainan edukatif untuk anak diharapkan lebih mudah terjangkau oleh masyarakat.

Menariknya, ada cukup banyak penonton yang merasa terharu dan tidak bisa menahan tangis saat menyaksikan penampilan para peserta. “Pokoknya ada banyak momen emosional, sampai pada nangis pas nonton,” tutup Tuti. (Azas Rifai)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAmir Sodikin
Komentar
Close Ads X