Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencatatan Saham Perdana, Harga Saham CARS Dibuka Naik 5,71 Persen

Kompas.com - 10/04/2017, 11:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga saham PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) dibuka di harga Rp 1.850 atau naik 5,71 persen dari harga penawaran Rp 1.750 pada pembukaan sesi I hari pertama pencatatan saham perdananya, hari ini Senin (10/4/2017).

Bintraco Dharma merupakan pemilik diler Toyota, yakni Nasmoco. Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengatakan, CARS menjadi emiten kedua yang mencatatkan saham perdana tahun ini.

Akan ada 30 perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini. "Bintraco sudah menjadi perusahaan publik, sehingga mohon dijaga akuntabilitas, responsibilitas, dan juga fairness," kata Tito.

CARS mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) 1,3 kali atau sekitar Rp 341,15 miliar dari target perolehan dana Rp 262,5 miliar dalam penawaran umum saham pedana.

Direktur Utama Bintraco Sebastian Harno Budi mengatakan, rencana penggunaan dana yang diperoleh dari IPO (initial public offering) sekitar 33 persen akan digunakan untuk belanja modal, dengan pengembangan usaha melalui pembangunan diler baru beserta fasilitasnya.

"Sekitar 33 persen akan digunakan untuk investasi yang berkaitan dengan akuisisi dan pengembangan kegiatan usaha, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja," ucap Sebastian.

Pada tahun ini, CARS berencana akan menambah dua diler resmi Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lima outlet Andalan Finance. CARS saat ini memiliki 22 diler resmi Toyota dan 37 outlet Andalan Finance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com