Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergikan BUMN, Kimia Farma Perkenalkan Kartu BUMN

Kompas.com - 10/04/2017, 20:40 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kimia Farma Tbk secara resmi memperkenalkan Kartu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran dari produk perusahaan-perusahaan BUMN.

Direktur Umum Kimia Farma, M. Wahyuli Syafariand mengatakan, kartu tersebut juga digunakan sebagai salah satu wadah untuk mewujudkan sinergi antar BUMN dan memperluas basis konsumen ritel Kimia Farma.

Adapun Kartu BUMN merupakan kartu identitas pegawai BUMN yang dikembangkan menjadi kartu multi fungsi melalui kerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk dan PT Telkom Indonesia Tbk.

"Kartu BUMN ini menjadi peluang kami (Kimia Farma) untuk menjaring konsumen secara lebih luas lagi, termasuk keluarga pegawai BUMN," ujarnya di Kimia Farma Apotek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (10/4/ 2017).

Wahyuli menjelaskan, kedepan Kartu BUMN akan memiliki fungsi pembayaran produk dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan BUMN, seperti PT Jasa Marga Tbk, dan PT Pertamina.

"Pada perjanjian ini, di tahap awal Kartu BUMN, bank Mandiri yang mengatur mekanisme mengenai transaksi pembayarannya," tuturnya.

Selain sebagai kartu multi fungsi, dalam Kartu BUMN juga disematkan program Indonesia Poin (Inpoin), dimana akan mendapatkan potongan harga yang lebih murah, dan diharapkan program tersebut dapat berjalan optimal dalam enam bulan ke depan.

"Menteri BUMN (Rini Soemarno) meminta, agar dalam enam bulan ke depan atau tahap awal ini bisa berjalan optimal," ujarnya.

Sementara, untuk pengisian saldo atau top up hanya bisa dilakukan melalui aplikasi khusus yang di pasang dalam smartphone yang memiliki kartu tersebut.

"Ada fasilitas sendiri untuk top-up seperti e-money,  maksimal Rp 1.000.000, sekarang belum bisa di ATM, karena kekhawatiran pada faktor keamanan, karena Kartu BUMN ini juga sebagai identitas karyawan BUMN," papar Wahyuli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com