Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VietJet Air Minat Buka Rute ke Indonesia, Menhub Minta Harus Sopan

Kompas.com - 11/04/2017, 13:25 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merespon rencana maskapai asal Vietnam yakni VietJet Air yang berencana akan membuka rute penerbangan di Indonesia.

Menurut Menhub, pihaknya memiliki syarat dan ketentuan dari yang harus dipatuhi oleh maskapai jika ingin terbang di Indonesia.

"Itu (VietJet Air) ketentuannya yang pasti harus sopan," ujar Budi Karya seusai Coffe Morning di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Seperti diketahui, maskapai VietJet Air merupakan maskapai asal Vietnam yang terkenal karena kontroversi seragam pramugarinya yang menggunakan bikini pada pernerbangan tertentu.

Sebelumnya, Kemenhub menyatakan sampai saat ini belum menerima permohonan maskapai penerbangan VietJet Air untuk membuka penerbangan di Indonesia.

"Jadi sampai saat ini, belum ada permohonan dari maskapai VietJet Air untuk membuka penerbangan ke Indonesi," ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Direktorat Jenderal Hubungan Udara Kemenhub, Agus Soebagio.

Menurut Agus, Kemenhub juga tifak serta merta langsung memberikan izin pembukaan rute kepada Vietjet Air. Pihaknya perlu mengevaluasi operasional maskapai sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

"Jadi kami evaluasi terlebih dahulu seperti izin rutenya, teknis operasionalnya. Kalau semua syarat terpenuhi baru mendapatkan izin, tetapi kalau belum dipenuhi semuanya belum dapat izin," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com