Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mentan Amran Memanen 3.040 Bawang Putih di Temanggung

Kompas.com - 12/04/2017, 16:40 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya bawang putih di Desa Petarangan di Temangung, Jawa Tengah pada hari ini, Rabu (12/4/2017). Sebanyak 3.040 ton bawang putih dipanen dari kawasan ini.

Bawang putih merupakan komoditas unggulan di daerah Temanggung, namun sejak 2002 banyak petani bawang putih meninggalkan komoditas ini akibat maraknya bawang putih impor.

(Baca: Harga Terpuruk, Petani Bawang Putih Temanggung "Curhat" kepada Menteri Pertanian)

Saat itu, harga bawang putih lokal Rp 6.000 per kilogram. Sementara harga bawang putih impor Rp 1.500 per kilogram.

Petani bawang putih di Temanggung menggunakan sistem tumpang musim tanam, yang bergantian dengan penanaman tembakau.

Mentan Amran pada 2015 lalu berjanji akan menghidupkan kembali kejayaan komoditas bawang putih di wilayah Temanggung. Dia menyiapkan 100 hektar lahan penanaman bawang putih dengan bibit yang disesuaikan dengan iklim dan musim.

(Baca: Meski Cuaca Ekstrim, Hasil Penanaman Percontohan Bawang Putih di Batang Bisa Maksimal)

Tidak heran jika pada panen raya bawang putih di Temanggung saat ini, Mentan Amran sangat bersemangat untuk hadir dan ikut memanen.

Dari pantauan Kompas.com, Mentan Amran terlihat sangat bersemangat untuk mencapai Desa Petarangan di Temanggung, sejak pagi. Rombongan Mentan menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Semarang, Jawa Tengah, untuk mencapai lokasi desa.

Sampai di Desa Petarangan, rombongan masih harus berganti kendaraan dengan mobil lain menuju lokasi panen. Mentan Amran memilih mobil bak terbuka. "Saya tidak mau duduk, lebih enak berdiri," ujar Amran. Padahal, jarak antara desa hingga lokasi panen sekitar dua kilometer.

Sesampainya di lokasi panen, Mentan Amran seperti terburu-buru. Dia tidak sabar untuk segera memanen bawang putih di lokasi seluas 304 hektar tersebut. Setelah membaca doa Mentan Amran secara simbolik mencabut bawang putih dari lahan pertanian. 

"Ini bukti kita bisa produksi," kata dia.

Selepas memanen, Mentan Amran yang didampingi Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono, Komite II DPD RI Denty Eka Windi, Wakil Gubenur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, dan Bupati Temanggung Bambang Sukarno, memilih untuk berbincang dengan para petani bawang putih di desa tersebut.

(Baca: Mendag: Tak Cocok Ditanam di Indonesia, 90 Persen Bawang Putih Diimpor)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com