Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Terjunkan Tim Cari Pesawat yang Hilang Kontak di Papua

Kompas.com - 12/04/2017, 18:01 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya pesawat C208 Grand caravan jenis kargo yang hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Tanah Merah (WAKT) menuju Oksibil (WAJO) Papua, Rabu (12/4/2017).

Pesawat yang mengangkut bahan makanan ini dioperasikan oleh Maskapai Spirit Avia Sentosa (SAS). 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk mencari keberadaan pesawat yang hilang kontak tersebut. 

Proses pencarian, kata Agus, dibantu  oleh Tim SAR dengan beberapa maskapai seperti AMA danTrigana Air serta dari SAS sendiri.  

"Saat ini kami sedang melakukan proses pencarian. Saya perintahkan untuk setiap personil penerbangan di sekitar daerah tersebut untuk membantu pencarian dan memberikan segala informasi yang diperlukan," ujar Agus dalam keterangannya, Rabu (12/2/2017). 

Agus mengungkapkan, pesawat dengan registrasi PK-FSO tersebut berangkat dari Tanah Merah pukul 11.44 WIT (02.44 UTC) dan diperkirakan mendarat di Oksibil pada pukul 12.14 WIT (03.14 UTC).  

Namun, kata dia, sampai saat ini pesawat belum mendarat dan petugas Air Traffic Control (ATC) hilang kontak dengan pesawat yang dipiloti Capt Rio Pasaribu tersebut.

"Lokasi koordinat yang dilaporkan adalah 04 48' 47.7" S 140 39' 31.7" E. Pada saat kejadian, kondisi di Oksibil adalah berangin pelan dengan jarak pandang mencapai 8 nautical mille (Nm)," imbuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com