Pahala Nugraha Mansury, Bankir yang Kini Jadi "Pilot" Garuda Indonesia - Kompas.com

Pahala Nugraha Mansury, Bankir yang Kini Jadi "Pilot" Garuda Indonesia

Kompas.com - 12/04/2017, 20:39 WIB
Dok. Istimewa Pahala N Mansury

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) memutuskan untuk mengganti Direktur Utama perseroan.

Direktur Keuangan dan Tresuri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury ditunjuk menggantikan Arif Wibowo sebagai direktur utama.

Siapa sebenarnya Pahala, "pilot" baru Garuda Indonesia? Pahala adalah sosok bankir muda namun sarat pengalaman.

Mengutip situs resmi Bank Mandiri, Rabu (12/4/2017), Pahala lahir pada tahun 1971 dan memperoleh gelar sarjana ekonomi dari program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Kemudian, ia memperoleh gelar MBA di bidang keuangan dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat.

Pahala memulai karirnya sebagai Change Management Consultant di Andersen Consulting Jakarta hingga tahun 1997. Pada tahun 1998 silam, ia bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan sekuritas di New York.

Kemudian, pada tahun 1999, Pahala bekerja sebagai Senior Consultant di Booz Allen & Hamilton selama setahun.

Pada tahun yang sama pula, ia bergabung dengan The Boston Consulting Group dan mengenyam jabatan Project Leader dalam berbagai proyek perbankan hingga tahun 2003.

Pahala akhirnya bergabung dengan Bank Mandiri pada tahun 2003 silam dan memegang berbagai jabatan.

Ia pernah menjabat sebagai Group Head Corporate Development, Change Management Office and Economic Research selama kurun waktu 2003 hingga 2006.

Pada tahun 2006, Pahala ditunjuk sebagai EVP Coordinator Finance & Strategy dan Chief Financial Officer alias Direktur Keuangan.

Pahala pun mengantongi gelar Chartered Financial Analyst (CFA) dan menjabat Wakil Presiden CFA Indonesia. Pada tahun 2010, Pahala ditunjuk sebagai Managing Director of Finance & Strategy.

Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia, posisi yang didudukinya di Bank Mandiri adalah Direktur Finance & Treasury.

(Baca: Ini Alasan Pahala N Mansury Ditunjuk Jadi Dirut Garuda Indonesia)


EditorAprillia Ika

Close Ads X