Belajar Cara Jadi Kaya dari 5 Buku Para Miliarder Dunia - Kompas.com

Belajar Cara Jadi Kaya dari 5 Buku Para Miliarder Dunia

Kompas.com - 15/04/2017, 12:00 WIB
THINKSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era yang semakin modern ini, kebanyakan orang telah disibukkan oleh gadget mereka. Entah itu sosial media, browsing, online-shop dan lain-lain.

Mereka lebih suka hal-hal yang berada di dunia maya daripada fokus pada dunia nyata. Sebagian besar waktu yang mereka miliki dihabiskan hanya untuk membaca rentetan update-an sosial media yang entah dimana ujungnya.

(Baca: Terungkap, Program Studi Ini Paling Banyak Hasilkan Miliarder

Jika Anda termasuk orang yang lebih suka membaca sosial media daripada buku secara nyata maka Anda adalah orang yang merugi. Seperti halnya tubuh kita yang membutuhkan energi yang cukup, otak kita pun demikian. Membaca buku adalah salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan otak.

Pilihlah bacaan yang baik di mana bisa memberikan manfaat secara nyata di kemudian hari. Seperti 5 buku para miliarder dunia ini bisa menjadi referensi jitu bagi Anda yang ingin belajar agar menjadi seperti para miliarder tersebut, orang yang sukses dan kaya raya.

Pengetahuan di dalamnya mungkin tak akan Anda temukan selama di bangku sekolah.

1. The Virgin Way oleh Richard Branson

The Virgin Way merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Richard Branson, miliarder pendiri Virgin Group.

Dalam bukunya, Anda akan mendapatkan pelajaran berharga tentang manajemen dan kewirausahaan, pentingnya mendengarkan orang lain dan memperkerjakan orang.

Selain itu, Anda juga bisa belajar dari Branson yang dengan jujur menceritakan tentang bagaimana mengelola kesuksesan dan kegagalan di bidang keuangan.

Selama 50 tahun berkarir dalam kewirausahaan, Branson telah belajar satu atau dua hal dalam membangun bisnis. Walaupun dirinya mengaku tak pernah membaca buku tentang kepemimpinan.

2. Onward oleh Howard Schultz

Sebagian dari kita tentu pernah mengunjungi, mengenal atau setidaknya pernah mendengar tentang ‘Starbucks’ yakni kedai kopi yang berasal dari Amerika Serikat dan telah mendunia hingga ke Indonesia. Penulis buku ini merupakan CEO-nya.

Dalam bukunya, Howard Schultz menceritakan bahwa bagaimana perjuangannya dalam menghidupkan Starbucks kembali.

Saat menjadi CEO Starbucks, Schultz terpaksa mengambil keputusan sulit di mana dia harus menutup sementara lebih dari 7.000 gerai Starbucks di Amerika Serikat agar perusahaan tetap bisa bernafas.

Intinya bahwa buku ini mengajarkan kita untuk berani menghadapi kesulitan dalam menjalankan usaha. Tak dipungkiri bahwa saat memulai usaha, pasti akan ada kesulitan yang datang menghampiri.

3. How to Win at the Sport of Business oleh Mark Cuban

Buku How to Win at the Sport of Business menceritakan tentang pengalaman hidup dan bisnis dari Mark Cuban, seorang pengusaha Amerika Serikat dan investor ternama.

Pemilik dari NBA's Dallas Mavericks, Landmark Theatres, dan Magnolia Pictures ini menuliskan kisahnya dari awal di mana dia harus menumpang tidur di sofa rumah kawannya sampai menjadi seorang miliarder ternama.

Cuban pun mulai mempelajari komputer yang awalnya terasa asing. Berkat ketekunan dan komitmen yang gigih, setiap halangan dan tantangan mampu dia lewati hingga kini dia telah membuat perusahaan perangkat lunak yang begitu laris di pasaran.

4. The Essays of Warren Buffett oleh Warren Buffett

Warren Buffett ialah salah satu investor terhebat dalam catatan sejarah dan juga CEO Berkshire Hathaway, menuliskan kisahnya yang bersumber dari semua suratnya kepada pemegang saham Berkshire Hathaway.

Dalam kumpulan suratnya itu, Buffett menguraikan setiap filosofinya ketika mengambil keputusan investasi.

Walaupun, topik pembahasannya terbilang cukup rumit, namun Buffett berusaha menyampaikan pemikirannya dengan cara yang sederhana agar mudah dipahami pembaca.

5. Bussiness at the Speed of Thought oleh Bill Gates

Buku yang satu ini begitu luar biasa karena ditulis oleh orang terkaya di dunia yaitu Bill Gates. Pendiri perusahaan Microsoft ini memiliki kekayaan bersih senilai 75 miliar dollar AS. Dalam bukunya, dia menjelaskan betapa bisnis dan teknologi memiliki keterkaitan yang begitu kuat.

Anda bisa belajar tentang bagaimana mengembangkan bisnis dengan teknologi melalui buku ini. Walaupun diterbitkan pada tahun 1999, namun buku ini tetap relevan dan akurat untuk dibaca sekarang ini.

Pengalaman adalah Guru Terbaik

Kesimpulannya adalah ketika Anda ingin menjadi orang sukses dan kaya raya maka belajarlah dari mereka para miliarder yang telah berpengalaman.

Budayakanlah untuk gemar membaca buku-buku yang berisi motivasi hebat dan pengalaman berharga tersebut. Karena pengalaman adalah guru terbaik.

EditorAprillia Ika
SumberCermati.com,
Komentar
Close Ads X