Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog akan Impor 50.000 Ton Daging Kerbau Asal India

Kompas.com - 18/04/2017, 19:33 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi besarnya permintaan daging pada saat momen Idul Fitri atau Lebaran 2017, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) akan mengimpor daging kerbau asal India sebanyak 50.000 ton.

Untuk mendatangkan 50.000 ton daging kerbau asal India tersebut, saat ini Bulog tengah menunggu izin impor dari pemerintah.

"Yang pasti Bulog hari ini (standby stock daging) 39.000 ton. Masih akan masuk lagi proses untuk izinnya 50.000 ton dari India, kerbau semua," kata Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti di Kementerian BUMN, Selasa (18/4/2017).

Ketika ditanya mengapa tak melakukan impor daging sapi, Djarot mengatakan bahwa impor daging sapi saat ini porsinya masih didominasi oleh swasta. Sehingga, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, Bulog lebih memilih untuk mengimpor daging kerbau.
"Sapi enggak main dulu, karena swasta main di sana," ucap Djarot.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, akan melakukan impor daging sebanyak 50.000 ton untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Daging ada stok 40.000 ton saat ini. Kita akan tambah lagi kurang lebih 50.000 ton dan ini lebih dari cukup untuk menghadapi bulan Ramadhan," ujar Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com