Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Jamin Stok Gula Pasir dan Beras Aman Saat Ramadhan dan Lebaran

Kompas.com - 18/04/2017, 20:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Djarot Kusumayakti menjamin stok gula pasir dan beras aman saat memasuki Ramadhan hingga Lebaran 2017.

Menurut Djarot, saat ini stok gula pasir yang ada di gudang Bulog masih berada di angka 400.000 ton. Pasokan tersebut menurutnya cukup untuk memenuhi permintaan saat Ramadhan dan Lebaran. Pasalnya, kebutuhan konsumsi normal sebesar 240.000 ton per bulan.

"Stok gula pasir 400.000 ton, kebutuhan kita normal 240.000 ton nasional sebulan. Sebanyak 400.000 ton bisa 2 sampai 3 bulan," kata Djarot di Kementerian BUMN, Selasa (18/4/2017).

Selain stok gula pasir, Bulog juga memastikan stok beras aman saat Ramadhan dan Lebaran karena saat ini stok beras yang ada di gudang Bulog masih sebanyak 2 juta ton.

"Beras masih ada 2 juta ton. Aman sampai Lebaran, ada barangnya, harganya stabil," tutur Djarot.

Untuk memastikan harga pangan stabil, pihaknya mengaku telah menyiapkan 20.000 unit rumah pangan kita (RPK) yang akan disebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Mereka (RPK) sudah siap, tinggal nanti kita suplai barangnya. Secara fisik sudah siap, sudah ada hampir 20.000, semoga bisa pengaruhi pasar," pungkas Djarot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com