Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ekonomi Merata, Perlu Pembangunan Kawasan Industri di Luar Jawa

Kompas.com - 20/04/2017, 13:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini yang diperlukan Indonesia adalah membangun kawasan industri, terutama di luar pulau Jawa.

Hal tersebut agar membuat pemerataan ekonomi dan tidak hanya terfokus pada pulau Jawa, yang dianggap sudah sangat padat saat ini.

"Industri harus dibangun dalam jangka panjang, perusahaan manufaktur itu perlu membangan pabrik selama empat sampai lima tahun, yang diperlukan adalah membangun industri di luar Jawa," ungkap Airlangga saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Airlangga menjelaskan, saat ini pemerintah tengah menjalankan hal tersebut dengan membuat kawasan industri di berbagai wilayah.

"Sekarang kami membangun industry estate," ungkapnya.

Menurutnya, untuk membangun kawasan industri di pulau Jawa membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dengan itu pemerintah mendorong pemabangunan kawasan industri di luar Jawa.

"Bangun kawasan industri di Jawa enggak murah lagi, harga lahan 70 dollar AS per meter, biaya upah buruh juga meningkat," paparnya.

Kemenperin mencatat, mulai tahun 2017-2020 akan ada 89 proyek investasi dengan nilai mencapai Rp 527,5 triliun dan ditargetkan menyerap tenaga kerja sebanyak 544.000 orang.

Sebelumnya, Menperin juga menyampaikan, beberapa kawasan industri di Tanah Air telah siap diisi oleh investor dan didukung dengan fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan infrastruktur lainnya.

Misalnya, Kawasan Industri Sei Mangkei, Sumatera Utara yang difokuskan pada pengembangan oleokimia.

Kemudian, Kawasan Industri Dumai, Riau dan Kawasan Industri Berau, Kalimantan Timur yang akan dibangun menjadi Palm Oil Green Economic Zone (POGEZ), serta Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah dan Kawasan Industri Konawe, Sulawesi Tenggara yang menjadi pusat pengembangan industri smelter berbasis nikel.

Kedepan, pemerintah juga mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di Tanjung Buton, Tanah Kuning, Gresik, Kendal, dan Serang.

Dari data Kemenperin, hingga saat ini, sebanyak 73 kawasan industri yang telah beroperasi di seluruh Indonesia.

(Baca: Indonesia Dibidik Jadi Pusat Inovasi untuk Industri Otomotif)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com