Bandara Lombok Incar Layanan Penerbangan Umroh - Kompas.com

Bandara Lombok Incar Layanan Penerbangan Umroh

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 20/04/2017, 19:16 WIB
KOMPAS.com/ Karnia Septia Lombok International Airport

LOMBOK, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menargetkan bisa melayani rute penerbangan untuk jamaah umrah. Pasalnya, masyarakat muslim di NTB dan sekitarnya jumlahnya besar.

General Manager Angkasa Pura I Bandara LIA I Gusti Ngurah Ardita menuturkan, pihaknya menargetkan bandara yang berlokasi di Praya, Lombok Tengah tersebut bisa melayani jemaah umrah untuk terbang secara langsung ke Tanah Suci.

"Kami mau mengoptimalkan potensi umrah. Berangkat umrah langsung dari Lombok," terang Ardita pada acara Lokakarya Wartawan Kementerian Perhubungan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (20/4/2017).

Ardita menuturkan, selama ini perjalanan umrah jamaah dari Lombok harus melalui Surabaya ataupun Jakarta. Di samping itu, ada juga jamaah yang berangkat atau pulang ibadah umrah dengan rute penerbangan transit di Bali.

Menurut dia, Garuda Indonesia sempat mempersiapkan rute penerbangan langsung ke Jeddah, namun untuk mengatur slot terbang. Sehingga, yang dilakukan adalah saat ini penerbangan tetap dilakukan dengan transit.

Maskapai penerbangan Lion Air melayani rute melalui Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah. Sementara itu, Garuda Indonesia akan melayani rute melalui Bandara Internasional Juanda.

"Kami sudah komunikasi dengan Garuda untuk menyambungkan rute Surabaya. Pilihannya antara Garuda atau Lion Air itu," jelas Ardita.

Data AP I menunjukkan, Bandara Lombok Praya mulai melayani penerbangan untuk ibadah haji pada tahun 2012 silam.

Per tahun 2016, bandara ini melayani 11 kloter keberangkatan dengan jumlah jamaah mencapai 3.591 orang.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X