Menhub Minta Pelaku Usaha Kepelabuhan Terus Tingkatkan Pelayanan - Kompas.com

Menhub Minta Pelaku Usaha Kepelabuhan Terus Tingkatkan Pelayanan

Achmad Fauzi
Kompas.com - 21/04/2017, 11:00 WIB
KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat ditemui di Hotel Shangri-La‎ Jakarta, Kamis (20/4/2017). 

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya meminta kepada pelaku bisnis maritim, perusahaan bongkar muat, pemilik kapal, kargo untuk selalu meningkatkan pelayanan. Salah satunya yakni, dengan terus berinovasi mengembangkan teknologi kepelabuhan.

Oleh karena itu, Menhub Budi Karya mendorong pelaku bisnis kepelabuhan untuk menghadiri perhelatan IAPH Worlds Port Conference akan digelar pada 7-12 Mei 2017 di Nusa Dua Bali.

"Dengan hadir di acara tersebut para profesional dapat mengetahui teknologi, manajemen dan inovasi apa yang harus dikembangkan," ujar Menhub Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (21/4/2017).

Budi Karya menuturkan, kualitas pelabuhan sangat ditentukan dari efisiensi dan efektivitas. Menurut dia, efisiensi dan efektivitas bisa dicapai dengan melakukan berbagai terobosan dan inovasi.

"Melalui kegiatan IAPH ini Indonesia dapat menunjukkan terobosan yang dicapai hingga saat ini. Ke depan Indonesia harus menjadi poros maritim dunia senada dengan cita-cita Presiden Joko Widodo," imbuhnya. 

Dalam IAPH ini, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (Pelindo II) ditunjuk selaku Ketua Penyelenggara. Pelindo II bersam PT Pelabuhan Indonesia I, III dan IV (Persero) akan terus melakukan inisiatif dalam rangka mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mempelancar arus barang dan logistik. 

Adapun program tersebut antara lain, mempersiapkan sejumlah pelabuhan hub, pembangunan pelabuhan baru yang modern dan menghadirkan kapal besar berkapasitas lebih dari 8.500 TEUs untuk melayani rute langsung dari Indonesia ke luar negeri tanpa transit di Singapura atau Malaysia.  

Budi Karya menambahkan, pihak mendorong para pelaku Industri untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang bertemu, berdiskusi dan bersosialisasi dengan pelaku bisnis kepelabuhanan di dunia untuk bertukar wawasan, pengalaman maupun membuka peluang bisnis dan kerja sama. 

(Baca: Tingkatkan Daya Saing, Menhub Dorong Deregulasi Aturan Kepelabuhan)

PenulisAchmad Fauzi
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X