Kartini, Susi, dan Tumpengan - Kompas.com

Kartini, Susi, dan Tumpengan

Yoga Sukmana
Kompas.com - 21/04/2017, 21:50 WIB
Kompas.com/YOGA SUKMANA Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membawa nasi tumpeng di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (21/4/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Pahlawan Nasional Kartini banyak menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia. Tak terkecuali Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat itu, mengakui sosok perempuan yang menjadi inspirasinya hingga saat ini adalah Kartini. Hal itu tidak terlepas lantaran Susi kerap membaca surat-surat yang ditulis Kartini.

"Apa yang dia ( Kartini) bicarakan, pemikiran yang jauh sangat perspektif dan variatif," kata Susi, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Namun ada hal yang membuat Susi menjadi lebih kagum dengan sosok Kartini. Meski memiliki pemikiran yang maju, Kartini tidak menghilangkan jati dirinya sebagai orang Indonesia yang berbudaya.

Di mata Susi, pemikiran-pemikiran Kartini membawanya kepada satu prinsip hidup yang ia pegang hingga saat ini yakni percaya dengan kemampuan diri sendiri. Ia mengatakan tidak pernah membedakan diri dengan para pria. Sebab perempuan juga memiliki keistimewaan sendiri.

"Dengan merasa setara, maka saya yakin bisa melakukan juga apa yang pria lakukan," ucapnya.

Menteri nyentrik itu berpesan agar seluruh warga negara Indonesia tidak mempermasalahkan gender. Sebab ia percaya perempuan pun mampu bekerja, bergerak, berkarir, hingga berprestasi layaknya pria.

Tahun ini, Susi membuat perayaan kecil-kecilan pada Hari Kartini. Ia bahkan menyediakan nasi tumpeng di rumah dinasnya yang berada di Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan. Acara tumpengan itu digelar singkat sebelum acara konferensi pers. Susi sendiri yang memotong nasi tumpeng dan memberikannya kepada salah satu wartawati yang hadir.

PenulisYoga Sukmana
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X