Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesepakatan Indonesia - AS Capai 10 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 21/04/2017, 21:58 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dan delegasinya bertemu dengan para pengusaha dan perusahaan-perusahaan nasional saat business forum di Jakarta.

Hasilnya, beberapa perusahaan asal Indonesia menandatangani kontrak kerja sama dengan total nilai 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 130 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS) dengan perusahaan-perusahaan AS.

Terdapat 11 kesepakatan yang telah ditandatangani. Exxon Mobil, General Electric, dan raksasa kedirgantaraan Lockheed Martin termasuk di antara perusahaan AS yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

"Kesepakatan ini mewakili kegembiraan luar biasa yang dirasakan perusahaan Amerika tentang peluang di Indonesia," kata Pence seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (21/4/2017).

Dalam kerja sama tersebut, Exxon Mobil akan menjual gas alam cair ke perusahaan energi milik negara yakni PT Pertamina (Persero), General Electric akan menyediakan teknologi untuk pembangkit listrik di Indonesia, sementara Lockheed Martin akan menyediakan sistem senjata baru untuk jet tempur F-16.

Menurut Pence, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi sasaran pemerintah Donald Trump dalam menyeimbangkan neraca perdagangannya.

Pence mengatakan kepada para pemimpin bisnis bahwa dirinya dan Presiden Joko Widodo telah membahas bagaimana memperbaiki akses pasar bagi perusahaan-perusahaan AS di Indonesia.

Dari Indonesia, Pence akan bertolak ke Australia. Sebelum ke Indonesia, Pence telah terlebih dulu mengunjungi Korea Selatan dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com