Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Putih di Jakarta Merangkak Naik

Kompas.com - 23/04/2017, 12:36 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komoditas penting yakni bawang putih tengah mengalami kenaikan harga di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, saat ini ada tiga komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang putih, daging ayam, dan gula pasir.

"Ini tercatat yang harganya lagi agak tinggi ada tiga, pertama bawang putih, gula pasir, dan daging ayam," ujar Mansuri kepada Kompas.com, Minggu (23/4/2017).

Mansuri mengatakan, kenaikan harga yang terjadi saat ini adalah dampak dari permintaan konsumen yang meningkat akibat libur panjang.

"Bawang putih sudah mencapai Rp 50.000 per kilogram, minggu lalu masih dikisaran Rp 40.000 per kilogram, normalnya bawang putih ini Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kilogram," tambahnya.

Menurutnya, hal ini harus diwaspadai oleh pemerintah karena saat ini sudah mendekati bulan puasa, dimana permintaan masyarakat akan semakin meningkat. "Apalagi untuk bawang putih ini kita (Indonesia) tidak berproduksi, impor dari China, Vietnam, dan Thailand," ungkapnya.

Mansuri melanjutkan, untuk harga gula pada saat ini telah mencapai Rp 15.000 per kilogram, dan daging ayam mencapai Rp 33.000 per ekor. Sementara itu, lanjut Mansuri, saat ini untuk keseluruhan pasokan bahan pangan pokok berangsung normal dan tidak mengalami gangguan apapun.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata bawang putih di Jakarta mencapai Rp 52.500 per kilogram atau tertinggi se Indonesia jika dibandingkan seluruh provinsi lainnya.

Sementara harga gula pasir mencapai RP 14.500, dan daging ayam Rp 31.750 per ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com