Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bahan-bahan Pokok Ini Rawan Naik jelang Puasa

Kompas.com - 25/04/2017, 12:52 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan pokok jelang Ramadhan kerap merangkak naik. Penyebabnya beragam, mulai dari terbatasnya ketersediaan barang hingga distribusi yang terlambat karena berbagai faktor.

Tahun ini, pemerintah meyakini ketersediaan bahan pokok lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyakarat selama Ramadhan. Namun, situasi kenaikan harga bisa saja kembali terjadi.

Berbagai bahan pokok yang menjadi fokus pemerintah di antaranya beras, daging sapi, telur, gula, dan minyak goreng.

"Dicek juga mengenai perkembangan harganya, dan ketertarikannya," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai rapat koordinasi terkait pangan jepang Ramadhan di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Meski sebagian harga bahan pokok itu sedang mengalami penurunan, namun potensi kenaikkan harga tetap ada.

Menurut Mendag, ada keterlambatan distribusi bahan pokok ke berbagai daerah. Hal ini diwaspadai pemerintah akan membuat harga bahan pokok merangkak naik bila tidak ada langkah cepat.

Hari ini, Mendag mengaku akan mengumpulkan semua distributor bahan pojok tersebut. Diharapkan dengan begitu masalah distribusi bisa segera diselesaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com