Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa, Stok Daging Kerbau Impor Ditambah

Kompas.com - 25/04/2017, 14:01 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Perum Bulog kemungkinan akan mendatangkan kembali daging kerbau dari India. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan masyakarat selama Ramadhan dan lebaran tahun ini.

"Mungkin 10.000-20.000 (ton) lagi," ujar Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti usai rapat koordinasi terkait pangan di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (25/4/2017). Menurut ia, stok daging kerbau yang masih tersedia saat ini sekitar 39.000 ton.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, impor daging kerbau dari India akan jalan terus hingga mencapai 100.000 ton. Angka tersebut merupakan kuota impor daging kerbau yang ditetapkan pemerintah.

"Sekarang ini, sudah ada tersedia (sebagian daging kerbau) dan itu akan jalan terus sampai 100.000 ton," kata Mendag.

Impor daging kerbau diharapkan menjadi alternatif konsumsi masyarakat selain daging sapi. Di pasaran, harga daging sapi jauh lebih mahal daripada daging kerbau.

Daging kerbau beku dibanderol dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 65.000 per kg, adapun harga daging sapi saat ini masih berada di kisaran Rp 100.000 per kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com