Trump Terbitkan Laporan Rencana Kebijakan Pajak, Apa Isinya? - Kompas.com

Trump Terbitkan Laporan Rencana Kebijakan Pajak, Apa Isinya?

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 27/04/2017, 17:12 WIB
AP PHOTO Presiden AS Donald Trump

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menerbitkan laporan mengenai rencana-rencana kebijakan pajak pada Rabu (26/4/2017) waktu setempat.

Menurut pejabat Gedung Putih, ini akan menjadi pemangkasan pajak besar-besaran sepanjang sejarah AS. Kepala penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn dan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin merangkum rencana pajak Trump dalam konferensi pers.

Menurut laporan yang diterima, rencana pajak yang diterbitkan Trump merupakan cerminan dari apa yang telah disampaikannya selama masa kampanye.

Mengutip CNBC, Kamis (27/4/2017), beberapa rencana reformasi pajak yang akan dilakukan Trump adalah bakal memangkas paket pajak penghasilan dari 7 menjadi 3. Batas atasnya adalah 35 persen dan batas bawahnya 25 dan 10 persen.

Selain itu, Trump juga akan memangkas pajak korporasi dari 35 persen menjadi 15 persen. Semua pemotongan pajak akan dihilangkan, kecuali untuk properti dan kontribusi amal.

Pihak Gedung Putih juga menyatakan bakal ada "pajak satu kali" untuk dana triliunan dollar AS yang dimiliki korporasi AS di luar negeri. Namun, menurut Mnuchin, kisaran pajak ini belum ditetapkan.

Selain itu, Trump juga akan menghapus pajak untuk estat atau lahan pertanian maupun peternakan, yang diklaim bakal membantu para petani AS dan bisnis yang dimiliki swasta. Analisis terhadap pajak estat menunjukkan bahwa jenis pajak itu hanya berdampak pada sebagian kecil warga AS.

Mnuchin juga menyatakan AS bakal memberlakukan sistem pajak teritorial. Sistem semacam ini biasanya tidak memasukkan sebagian besar atau seluruh pendapatan yang diperoleh perusahaan dari luar negeri.

Namun demikian, Mnuchin tidak membeberkan lebih jauh apakah sistem ini akan membuat defisit anggaran AS lebih lebar. Ia menyatakan bahwa defisit anggaran AS akan "sembuh" melalui pertumbuhan ekonomi.

Belum jelas kapan Kongres dapat memperkenalkan legislasi terkait reformasi pajak tersebut. Mnuchin menyatakan dirinya ingin rencana reformasi pajak itu dapat gol pada akhir tahun ini.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorM Fajar Marta
SumberCNBC,
Komentar
Close Ads X