Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Harga Beras dan Bawang di Baubau Merangkak Naik

Kompas.com - 04/05/2017, 18:08 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Menjelang bulan Ramadhan, sejumlah harga bahan pokok di pasar tradisional di Kota Baubau Sulawesi Tenggara, mengalami kenaikan.

Seperti terjadi di pasar taradisonal Wameo Kota Baubau, harga beras ketan dan bawang putih mengalami kenaikan yang cukup mencolok.

Harga beras ketan saat ini sudah naik. Sebelumnya harganya sekitar Rp 310 ribu per karung sekarang sudah naik sekitar Rp 400.000 per karung,” kata seorang pedagang beras, Haji Jamnan, Kamis (4/5/2017).

Sementara untuk beras dengan jenis lain, belum mengalami kenaikan dan harganya masih cukup stabil. Menurut Haji Jamnan, harga beras ketan mengalami kenaikan akibat dipicu kehabisan stok, sehingga pedagang mengambil beras impor.

“Kami beli berasnya di Makassar dan Surabaya, tapi beras local sudah habis, jadi kami beli beras dari luar negeri saja,” ujarnya.

Selain harga beras, bawang putih di pasar tradisional wameo juga mengalami kenaikan harga. Bila sebelumnya harga bawang putih berkisar Rp 40.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 50.000 per kilogram.

Demikian pula dengan bawang merah juga harganya sudah naik. Bila sebelumnya harga bawang merah Rp 20 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 24 per kilogram.

“Saya tidak tahu kenapa harganya naik, Saya beli di Makassar harganya sudah naik disana,” ucap seorang pedagang bawang, Wa Upo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com