Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bank Terbesar Eropa Ini Anjlok 19 Persen

Kompas.com - 05/05/2017, 06:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Laba HSBC Holdings Plc tercatat anjlok 19 persen pada kuartal I 2017 menjadi 5 miliar dollar AS. Meskipun demikian, angka tersebut berada di atas ekspektasi analis yang memperkirakan laba sebesar 4,31 miliar dollar AS.

Direktur keuangan HSBC menyatakan pihaknya berharap investor dapat yakin dengan kinerja bisnis perseroan meski terjadi penurunan laba secara signifikan.

"Kami akan sangat bahagia apabila pasar dapat yakin dengan angka-angka kinerja ini, yang datang dengan momentum yang baik dari kuartal terakhir tahun lalu ke kuartal pertama tahun ini," ujar Direktur Keuangan HSBC Iain Mackay seperti dikutip dari CNBC, Kamis (4/5/2017).

Adapun pendapatan HSBC pada kuartal I 2017 mencapai 13 miliar dollar AS. Sama seperti laba, pendapatan tersebut turun 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam pernyataannya, CEO HSBC Stuart Gulliver menyatakan kinerja keuangan HSBC cenderung baik.

Adapun penurunan laba disebabkan perubahan pada perlakuan pembukuan atas nilai utang. Selain itu, laba HSBC pada kuartal I 2016 termasuk kinerja laba bisnis HSBC di Brazil. Pada Juli 2016 lalu, bisnis di Negeri Samba tersebut dijual.

"Bisnis Global Banking and Markets menikmati kuartal yang baik. Bisnis Commercial Banking memberikan pendapatan yang lebih tinggi dari kegiatan likuiditas dan cash management. Bisnis ritel dan Wealth Management didukung peningkatan suku bunga dan pembaruan minat investasi nasabah," jelas Gulliver.

Investor kini fokus pada apakah HSBC dapat memperbaiki kinerjanya setelah capaian kinerja keuangan tahun 2016 yang dirasa kurang memuaskan.

Selain itu, Gulliver juga kabarnya akan mengakhiri masa jabatannya sebagai CEO salah satu bank terbesar di Eropa tersebut pada tahun 2018 mendatang. 

Kompas TV Grup HSBC Rugi Hingga Rp 11,5 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com