Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jet Penumpang Pertama Buatan China Sukses Terbang Perdana

Kompas.com - 08/05/2017, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pesawat jet penumpang pertama yang dibuat China, yakni C919 telah sukses melakukan uji penerbangan pertamanya. Pesawat tersebut sukses lepas landas, mendarat, dan terbang selama 90 menit dari Bandara Internasional Pudong di Shanghai, China.

Penerbangan perdana C919 dilakukan pada Jumat (5/5/2017) lalu. Karena C919 adalah pesawat jet penumpang pertama yang dibuat sendiri oleh China, maka penerbangan perdananya tersebut disaksikan oleh banyak orang di bandara.

C919 memiliki kapasitas lebih dari 150 kursi dan dapat terbang dengan jangkauan jelajah 4.075 kilometer.

Mengutip CNBC, Senin (8/5/2017), pembuatan pesawat ini dimaksudkan untuk bersaing dengan Airbus A320 dan Boeing 737 yang merupakan pesawat komersial paling populer.

Commercial Aircraft Corp of China, BUMN yang merupakan sosok di balik C919 menyatakan setidaknya sudah ada 21 konsumen yang menempatkan pesanan lebih dari 500 unit pesawat per akhir 2016 lalu.

Adapun jumlah penjualan diharapkan bisa menembus 2.000 unit. China sangat mendorong dirinya untuk bisa menjadi pemain global di bidang penerbangan dan dapat bersaing dengan raksasa pabrikan pesawat Airbus dan Boeing.

Ini adalah upaya strategis Presiden Xi Jinping untuk menjadikan China pemain penting di industri global.

Beijing pun menyatakan bahwa pengembangan dan produksi mesin dan pesawat di dalam negeri menjadi tujuan nasional. Kesuksesan penerbangan perdana C919 menjadi batu loncatan bagi ambisi China tersebut.

Namun, masih dibutuhkan waktu cukup lama agar penumpang bisa menikmati perjalanan dengan C919. Pasalnya, pesawat tersebut masih harus menjalani uji keamanan dan pengecekan sertifikasi.

China diekspektasikan menyalip Amerika Serikat sebagai pasar penerbangan terbesar di dunia pada tahun 2024 menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Kalau ini terwujud, maka banyak industri lainnya bakal kecipratan berkah, mulai dari pariwisata hingga pabrikan pesawat, sejalan dengan maskapai membeli lebih banyak pesawat dan menambah lebih banyak rute. 

(Baca: China Kini Jadi Pemegang Saham Terbesar Deutsche Bank)

Kompas TV Pesawat Buatan Tiongkok Lakukan Terbang Perdana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com