Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GeTZ Luncurkan Platform yang Percepat Proses "Clearance" Ekspor-Impor

Kompas.com - 09/05/2017, 13:21 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa perdagangan Singapura, Global eTrade Services (GeTS) meluncurkan platform yang memudahkan eksportir dan importir menyelesaikan persyaratan perdagangan antar-negara.

Dengan platform tersebut, para eksportir dan importir bisa merampungkan berbagai persyaratan perdagangan secara mudah.

CEO GeTS Chong Kok Keong mengklaim platform yang diluncurkan ini menjadi implementasi dari single windows yang sesungguhnya. Ini lantaran para pelaku eksportir dan importir cukup mengakses platform ini dan seluruh persyaratan untuk clearance barang bisa rampung dalam waktu singkat.

"Dengan layanan ini, kami bisa membantu menghemat waktu para klien hingga 60 persen dan meningkatkan produktivitas hingga 1,5 kali," ujarnya dalam peluncuran platform GeTS, Selasa (9/5/2017).

Chong Kok Keong mengungkapkan melalui platform ini, waktu clearance dari barang-barang milik customers bisa lebih terprediksi.

Ini berbeda dengan proses yang dilakukan sendiri oleh customers secara manual. Selain waktu yang lebih lama, customers juga tidak bisa memprediksi waktu clearance dari barangnya yang diekspor maupun yang diimpor.

Hingga saat ini GeTS telah bisa melayani clearance di berbagai pusat perdagangan di benua Asia dan Amerika yang meliputi 16 negara yang telah menerapkan single window dan 11 negara yang tergabung dalam aliansi e-commerce Asia.

Adapun negara-negara yang telah dilayani oleh GeTS meliputi Singapura, AS, Kanada, Jepang, Malaysia, Indonesia, China, Korea, Australia dan Selandia Baru.

"Kami menargetkan bisa melayani proses ekspor-impor di 50 node (pusat perdagangan) pada tahun ini," ujar Chong Kok Keong.

Menteri Senior urusan Perdagangan dan Industri Kementerian Pembangunan Nasional Singapura Koh Poh Koon menuturkan e-commerce membutuhkan proses perdagangan yang efisien.

Hadirnya platform yari GeTS ini diharapkan mampu mendukung dinamika perekonomian di kawasan Asia Tenggara dan bisa mendorong percepatan proses logistik. Dengan demikian, hal ini mampu menjadi kunci bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN.

"Platform GeTS ini kami tawarkan untuk membantu mengatasi bottle neck dalam proses perdagangan, serta bisa mengurangi inefisiensi," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com