Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Produk Industri Kecil, Pemerintah Gandeng Blanja.com

Kompas.com - 09/05/2017, 18:27 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) bersama PT Metraplasa selaku pemilik situs Blanja.com melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Pengembangan Pasar IKM berbasis ekonomi digital.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan program e-Smart yang bermanfaat untuk memperluas pasar dengan promosi online (e-commerce), meningkatkan efektifitas dan efisiensi biaya promosi dan pemasaran, serta mendapatkan program-program pembinaan dari pemerintah.

“Kami berharap, kerja sama ini dapat memperluas pangsa pasar IKM hingga ke luar negeri dengan jejaring yang dimiliki oleh Blanja.com,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam keterangan resmi, Selasa (9/5/2017).

Menurut Gati, pihaknya juga akan menjajaki kerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam rangka efisiensi biaya logistik untuk pengiriman produk yang tergabung dalam program e-Smart IKM. Gati menargetkan, hingga tahun 2019, jumlah IKM yang tergabung dalam skema e-Smart akan mencapai 10.000 IKM dengan sebanyak 30.000 produk.

Sementara itu, pada tahun 2017, ditargetkan mencapai 1.000 IKM dengan 3.000 produk, dan tahun 2018 mencapai 4.000 IKM dan 12.000 produk, serta tahun 2019 sebanyak 5.000 IKM dengan 15.000 produk.

“Hingga saat ini, dalam rangka pelaksanaan kegiatan e-Smart IKM, Ditjen IKM telah menjalin kerja sama dengan online marketplace Bukalapak dalam pelaksanaan Workshop e-Smart di Boyolali pada bulan Januari 2017,” ungkapnya.

Sedangkan, dalam waktu dekat ini, Ditjen IKM juga akan melaksanakan Workshop e-Smart IKM dengan menggandeng dua online marketplace, Bukalapak dan Blanja.com.

Gati mengungkapkan, tindak lanjut dari perjanjian kerja sama tersebut adalah pelaksanaan Workshop e-Smart IKM yang direncanakan akan dilaksanakan di 8 (delapan) lokasi di Luar Jawa, yakni di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Balikpapan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

“Kegiatan workshop ini dilakukan, selain mensosialisasikan kebijakan dan fasilitas untuk mendukung aktivitas usaha para pelaku IKM, juga untuk meningkatkan kemampuan para pelaku IKM dalam berbisnis melalui sarana e-Commerce,” paparnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com