Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Staf Khusus Mendag Pantau Harga Bangan Pangan di Kota Kupang

Kompas.com - 09/05/2017, 20:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Dody Edward melakukan pemantauan bahan pangan di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (9/5/2017) siang. 

Dody dan rombongan dari Kementerian Perdagangan, memantau harga bahan pangan di beberapa pusat perbelanjaan yakni Hypertmart Bundaran PU, Hypermart El Tari Lippo Plaza dan Ramayana Mall. Dalam kegiatan pamantauan harga bahan pangan itu, Dody ditemani Kepala Dinas Perdagangan, Simon Tokan dan sejumlah stafnya.

Kepada wartawan di sela sela kegiatan itu, Dody Edward mengatakan, tujuan pemantauan ini yakni ingin memastikan ketersediaan adanya pasokan dan kepatuhan para pelaku usaha sehubungan dengan kebijakan pemerintah untuk harga eceran tertinggi yang terkait tiga bahan pokok yaitu gula, minyak goreng dan daging.

"Tadi kami temukan daging sapi harga eceran tertinggi adalah Rp 80.000 per kilogram, minyak goreng Rp 11.000 per liter dan gula Rp 12.500 per kilogram. Kami cek harga di ritel modern apakah betul mereka telah menjalankan kebijakan pemerintah," kata Dody.

Pihaknya juga lanjut Dody, memantau iklan di tempat perbelanjaan yang mana masyarakat sangat membutuhkan itu, sehingga ketika masyarakat datang langsung mengetahui ada promosi atau kebijakan pemerintah yang diketahui oleh masyarakat luas, baik itu di pintu masuk maupun tempat strategis lainnya.

Hal itu dilakukan, mengingat kementerian perdagangan juga sudah mengeluarkan surat edaran kepada pemerintah daerah, agar pajak iklan itu ditiadakan. Hal ini kata dia, adalah bentuk kegiatan sosialisasi agar program program pemerintah bisa diketahui secara luas oleh masyarakat.

Saat melakukan pemantauan di Hypermat Bundaran PU, pihaknya menemukan pihak pengelola belum memasang banner di tempat strategis. Pengelola pun berjanji akan segera memasang banner pada sore ini. Dody pun memastikan akan melakukan pengecekan lagi.

"Kami juga tadi masih menemukan ada gula ukuran stengah kilogram, kalau dihitung harga satu kilogram itu melebihi harga tertinggi, sehingga kami langsung berikan teguran."

Ia berharap, pengelola Hypermart Bundaran PU bisa mengembalikan harga gula, agar jangan melebihi harga tertinggi dan itu sudah dicatat sehingga akan dipantau oleh Dinas Perdagangan Provinsi NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com