Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pelaku Usaha di Konferensi Pelabuhan Dunia Fokus ke Keberlanjutan

Kompas.com - 10/05/2017, 17:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah konferensi pelabuhan dunia atau International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017 ke -30. Konferensi ini menghadirkan para pelaku-pelaku usaha kepelabuhanan di seluruh dunia.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) , Elvyn G Masassya mengatakan, konferensi IAPH salah satu ajang bertukar pikiran pelaku-pelaku usaha kepelabuhan terkait dengan keberlanjutan usaha-usaha di bidang kepelabuhan. 

(Baca: Konferensi Pelabuhan Internasional di Bali Berpotensi Datangkan Investasi)

"Bagi kita di Indonesia keberlanjutan ini po?in penting untuk industri pelabuhan, misalnya fenomea aliansi global shipping akibat kompetisi, ini tentu harus linkage dengan perusahaan pelayaran. Di luar itu agar lebih sustain pelabuhan harus adaptasi dengan pengguna jasa salah satunya adalah memodernisasi pelabuhan," ujar Elyvn di Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Bali, Rabu (10/5/2017). 

Elvyn menuturkan, pelabuhan-pelabuhan di Indonesia telah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk mendukung konsep keberlanjutan. Salah satunya, telah menyamakan kedalaman air (Draft) di semua pelabuhan-pelabuhan Indonesia, sehingga dapat melayani kapal-kapal besar. 

"Kemudian kami sudah mentransformasi pelabuhan yang digital, seperti sistem Indonesia National Single Window (INSW. Karena kebutuhan pelabuhan dunia arahnya digital port. Ini dilakukan oleh Pelindo 1,2,3,4 agar lebih keberlanjutan," jelas Elvyn. 

Sementara itu, Presiden IAPH Santiago Garcia Mila menambahkan, konsep keberlanjutan kepelabuhan tidak hanya pada sisi bisnis saja. Akan tetapi, terdapat keberlanjutan sosial yakni, menciptakan lapangan pekerjan.

"Kami memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menciptakan lapangan kerja yang layak, dan juga menciptakan kondisi kerja untuk keberlangsungan," tandasnya. 

Sekadar informasi, konferensi ini digelar di Bali mulai dari 7 Mei 2017 hingga 12 Mei 2017. Konferensi tersebut juga diselenggarakan oleh PT Pelabuhan ?Indonesia I, II, III, dan IV (Persero). 

(Baca: Menhub Minta Pelaku Usaha Kepelabuhan Terus Tingkatkan Pelayanan)

Kompas TV Kapal Kargo KM Asia Prima Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com