Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Akan Tawarkan Pelabuhan Kuala Tanjung dan Bitung pada KTT OBOR

Kompas.com - 12/05/2017, 16:56 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menawarkan dua proyek infrastruktur kepada para investor dalam Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (KTT OBOR) di Beijing, China. 

Kedua proyek itu yakni, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara dan pengembangan Pelabuhan Bitung di Sulawesi Utara.  

"Ini kita bicara soal Indonesia Centris. Kita akan prioritaskan Indonesia Centris untuk dua lokasi, yaitu di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara," ujar Budi Karya di hajatan International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017 ke-30 di Nusa Dua Bali, Jumat (12/5/2017).

Menurut Budi Karya, kedua pelabuhan tersebut bakal diproyeksikan menjadi pelabuhan hub internasional selain Pelabuhan Tanjung Priok. 

"Kita tahu bahwa Kuala Tanjung dan Bitung adalah international hub kedua dan ketiga. Karena fungsi international hub, maka akan ada kegiatan yang lain apakah itu industri, transportasi kereta api dan jalan tol serta new town development," jelasnya.  

Budi Karya menambahkan, saat ini pembangunan dan pengembangan kedua pelabuhan menjadi program prioritas pemerintah. Sehingga, kata dia, investasi yang masuk akan diarahkan untuk membangun dan mengembangkan kedua pelabuhan tersebut. 

KTT Obor akan digelar di Beijing China pada 14-15 Mei 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir bersama 27 pemimpin negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com