Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSC Lanjutkan Program Edukasi Hutan Berkelanjutan

Kompas.com - 12/05/2017, 19:23 WIB

KOMPAS.com - Proses sertifikasi FSC (Forest Stewardship Council) yang pada setahun silam menggandeng mitra-mitra terkait produsen barang-barang dari hasil hutan berlanjut dengan program terkini pada 2017. Pada program itu, FSC dalam siaran persnya pada Rabu (10/5/2017), menyematkan tajuk #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah. (Baca: Pentingnya Hutan bagi Industri Kertas dan Kemasan)

Menyimak data per 2014 dari Forest Watch Indonesia (FWI), hutan dunia sedang mengalami ancaman berkelanjutan lantaran penebangan yang tidak bertanggung jawab, kebakaran, serta alih fungsi hutan menjadi lahan tak berhutan untuk pertambangan dan perkebunan. Dalam kurun waktu 2009-2013, Indonesia kehilangan hutan seluas 4,6 juta hektar atau 7 kali luas Provinsi DKI Jakarta.

Gaya hidup dan pertumbuhan produk yang berkembang di dunia khususnya di Indonesia yang menggunakan hasil hutan sebagai dasar bahan baku juga menjadi salah satu pemicu kerusakan hutan dan menjadi ancaman keberlanjutan hutan. "Kami melakukan edukasi di lima sekolah mulai dari tingkat TK dan SD,"  kata FSC Perwakilan Indonesia Hartono Prabowo dalam peluncuran acara di TK Hang Tuah, Pondok Labu, Jakarta.

Lebih lanjut, Hartono mengatakan, pada kegiatan ini, pihaknya menggandeng perusahaan kemasan Tetra Pak. Program yang berisi serangkaian edukasi dengan judul FSC Goes to School. Sekolah menjadi pilihan lantaran lembaga pendidikan ini  berperan penting dalam tumbuh kembangnya anak. Dari sekolah, anak memperoleh berbagai macam pengetahuan yang terbaik agar kelak dapat bermanfaat, termasuk pendidikan dan pengetahuan mengenai kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan dalam kehidupan manusia.

Sementara itu, Manajer Lingkungan Hidup Tetra Pak Indonesia Reza Andreanto mengatakan dukungan terhadap inisiatif FSC ini merupakan bagian dari tanggung jawab Tetra Pak. "Bentuknya adalah penggunaan label FSC pada kemasan Tetra Pak," ujarnya.

"Kami pastikan bahwa serat kertas untuk kemasan Tetra Pak berasal dari sumber-sumber terkendali yang dikelola secara bertanggung jawab, tersertifikasi, dan terverifikasi secara independen,"  pungkas Reza.

Josephus Primus Tetra Pak® Indonesia mendorong penggunaan produk bersertifikat dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com