Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomikomart, Toko Korporasi Penantang Baru Gerai Ritel Mapan

Kompas.com - 13/05/2017, 14:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com -  Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan gerai pertama Tomikomart di Kawasan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Sabtu (13/5/2017).

Tomikomart adalah gerai milik PT Tomiko Mandiri Indonesia yang merupakan perusahaan bentukan Konsorsium Usaha Koperasi Karawang (KUKK).

"Tinggal bagaimana caranya dari segi marketing agar ini didekatkan ke pasar," ujarnya.

KUKK sendiri adalah induk dari 35 koperasi karyawan di Karawang. Jumlah anggota koperasi karyawan tersebut mencapai 75.000 orang.

Tahun ini, PT Tomiko Mandiri Indonesia sendiri berencana membuka 20 gerai Tomikomart di Kota Karawang.

Ditargetkan jumlah gerainya menjadi 35 pada 2018 mendatang sehingga setiap koperasi anggota KUKK memiliki garai masing-masing. Tomikomart tentu saja menambah pilihan gerai di Indonesia.

Tak ayal kehadirannya juga bak "penantang" baru bagi gerai waralaba mapan layaknya Alfamart dan Indomaret.

"Kami ada 75.000 anggota, kalau mereka bertransaksi semua di Tomikomart, mungkin Alfamart dan Indomaret tidak akan seleluasa sekarang," kata Direktur PT Tomiko Mandiri Indonesia Ihin Solihin.

Peluncuran gerai pertama Tomikomart ini sekaligus meresmian PT Tomiko Mandiri Indonesia. Kabupaten Karawang sendiri adalah daerah percontohan koperasi di Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari dibentuknya perusahaan oleh konsorsium koperasi Karawang dan kehadiran Tomikomart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com