Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Jamin Sistem IT-nya Tak Terserang Virus Ransomware Wannacry

Kompas.com - 15/05/2017, 14:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur BPM dan Global Service Infomedia Andang Ashari memastikan sistem IT mereka tak terganggu dengan merebaknya serangan ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5/2017) pekan lalu.

Adapun PT Infomedia Nusantara merupakan anak perusahaan pada Telkom Group yang mengkhususkan diri di bidang media penerbitan dan iklan sebagai jembatan komunikasi antar pelaku bisnis dan juga saluran informasi bagi pelanggan telepon Telkom.

"Insya Allah kami jamin aman ya. Termasuk kejadian yang sekarang (virus) Wannacry, Insya Allah (data) kami back up penuh dan sudah diantisipasi," kata Andang, saat dikonfirmasi, di kawasan CityWalk Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Dia mengatakan, instansinya memiliki tim keamanan siber dan bersama tim dari Telkom Group telah melakukan langkah antisipasi untuk mengamankan sistem IT.

Pramdia Arhando/Kompas.com Pelayanan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang BPJS Denpasar Bali.

BPJS Kesehatan

 

Saat ini, Infomedia bekerja sama dengan beberapa perusahaan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah BPJS Kesehatan.

Infomedia dan BPJS Kesehatan bekerjasama untuk menyelenggarakan care center 1500400 atau pendaftaran BPJS Kesehatan melalui telepon.

"Karena BPJS Kesehatan adalah pelayanan publik yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Maka menjadi top priority untuk pengamanan terhadap cyber crime dan kami punya tim, serta sistem security yang tentu sudah kami siapkan secara maksimal," kata Andang.

Ia meminta para konsumen untuk tidak mengkhawatirkan hal tersebut. "Percayalah bahwa kami punya tim security, dan sistem security kami juga sudah bersertifikat internasional. Insya Allah dijamin aman," kata Andang.

(Baca: Lion Air dan BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Aman dari Ransomware WannaCry)

Pencegahan

 

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginformasikan mengenai serangan ransomware baru bernama WannaCry yang sampai ke Indonesia.

Ransomware ini dikabarkan telah menyerang server beberapa rumah sakit di Jakarta sejak Jumat (12/5/2017). Saat ini, WannaCry sudah tersebar di 100 negara dengan puluhan ribu korban.

Di Inggris, ada 16 rumah sakit yang sejauh ini terindikasi sebagai korban WannaCry. Di Indonesia, rumah sakit pertama yang diketahui terinfeksi adalah RS Dharmais.

Kompas TV Halaman Komputer Terinfeksi “Wannacry” dalam Beberapa Bahasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com