BI Siap Layani Kebutuhan Uang Tunai untuk Lebaran - Kompas.com

BI Siap Layani Kebutuhan Uang Tunai untuk Lebaran

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 18/05/2017, 20:30 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menunjukkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan telah siap melayani kebutuhan uang tunai masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, kas siap edar BI telah mencukupi kebutuhan tersebut.

"Kita perkirakan di 2017 (kebutuhan) uang tunai juga akan meningkat 14 persen, ekuivalen Rp 167 triliun. Pada tahun lalu mencapai Rp 146 triliun," kata Agus di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Menurut Agus, pada hari raya Lebaran, posisi uang yang diedarkan bank sentral akan mencapai titik tertingginya selama tahun 2017. Dengan demikian, uang tunai yang diedarkan mencapai Rp 691 triliun.

Ia menjelaskan, tingginya jumlah uang tunai yang diedarkan pada tahun ini disebabkan jumlah hari libur Lebaran yang lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yakni 9 hari. Pada tahun 2016, jumlah hari libur Lebaran mencapai 6 hari.

"Ini bertepatan dengan hari libur sekolah, pembayaran gaji dan THR PNS, dan penambahan titik dan frekuensi penukaran, baik oleh BI dan kerja sama dengan bank," jelas Agus.

Selain itu, faktor lainnya berdasarkan pantauan bank sentral adalah tingginya minat masyarakat terhadap uang rupiah tahun emisi 2016. Sehingga, BI menjaga agar uang tunai dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X