Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siap Layani Kebutuhan Uang Tunai untuk Lebaran

Kompas.com - 18/05/2017, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan telah siap melayani kebutuhan uang tunai masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, kas siap edar BI telah mencukupi kebutuhan tersebut.

"Kita perkirakan di 2017 (kebutuhan) uang tunai juga akan meningkat 14 persen, ekuivalen Rp 167 triliun. Pada tahun lalu mencapai Rp 146 triliun," kata Agus di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Menurut Agus, pada hari raya Lebaran, posisi uang yang diedarkan bank sentral akan mencapai titik tertingginya selama tahun 2017. Dengan demikian, uang tunai yang diedarkan mencapai Rp 691 triliun.

Ia menjelaskan, tingginya jumlah uang tunai yang diedarkan pada tahun ini disebabkan jumlah hari libur Lebaran yang lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yakni 9 hari. Pada tahun 2016, jumlah hari libur Lebaran mencapai 6 hari.

"Ini bertepatan dengan hari libur sekolah, pembayaran gaji dan THR PNS, dan penambahan titik dan frekuensi penukaran, baik oleh BI dan kerja sama dengan bank," jelas Agus.

Selain itu, faktor lainnya berdasarkan pantauan bank sentral adalah tingginya minat masyarakat terhadap uang rupiah tahun emisi 2016. Sehingga, BI menjaga agar uang tunai dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com