Kembangkan Bandara Digital, AP II Rilis Aplikasi "Indonesia Airports" - Kompas.com

Kembangkan Bandara Digital, AP II Rilis Aplikasi "Indonesia Airports"

Achmad Fauzi
Kompas.com - 19/05/2017, 12:30 WIB
KOMPAS.com/Bambang PJ Dirut AP II Muhammad Awaluddin di sela-sela kunjungan ke Bandara Kualanamu Medan, Sabtu (7/1/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) ( AP II) terus berkomitmen mengembangkan Bandara Digital di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, AP II akan meluncurkan secara resmi aplikasi Indonesia Airports .

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, aplikasi Indonesia Airports untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik, di mana fungsi dari aplikasi tersebut mempermudah dan membantu pelanggan di setiap perjalanan penumpang (pre-journey, on journey, post-journey).

"Indonesia adalah salah satu negara dengan infrastruktur teknologi informasi yang cukup baik dan hal itu harus dapat dimanfaatkan oleh pengelola bandara untuk dapat mengaplikasikan teknologi digital guna mendukung pelayanan dan menghadirkan nilai tambah di setiap bandara yang ada di negeri ini," ujar Awaluddin melalui keterangannya, Jumat (19/5/2017).

Selain itu, terang Awaluddin, perseroan juga membangun aplikasi iPerform yang digunakan oleh seluruh karyawan AP IIsebagai basis pengoperasian bandara, sehingga banyak bisnis proses yang menjadi lebih mudah dan cepat.

Selanjutnya dengan pemanfaatan teknologi digital, Awaluddin juga berupaya menciptakan bisnis model baru yang nantinya akan menjadi portofolio bisnis korporasi, seperti ICT content, big data, dan bisnis baru lainnya.

"Aplikasi Indonesia Airports didesain khusus untuk membantu travellers agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di bandara- bandara AP II. Di samping itu, Indonesia Airports juga hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat luas akan aplikasi di smartphone yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari," imbuh dia.

Awaluddin menambahkan, aplikasi Indonesia Airports kini dapat diunduh di gadget berbasis iOS, setelah sebelumnya tersedia untuk gadget berbasis Android. Hingga kini aplikasi Indonesia Airports telah diunduh sebanyak lebih dari 15.000 pengguna Android dan 2.305 pengguna iOS.

Menurut dia, saat ini sistem operasi iOS dan Android adalah yang paling banyak digunakan di smartphone, sehingga AP II menghadirkan Indonesia Airports di kedua sistem operasi tersebut.

"Hadirnya aplikasi Indonesia Airports dan iPerform ini juga menandakan bahwa AP II fokus pada pengembangan infrastruktur digital demi peningkatan pelayanan, di samping tentunya juga tetap memperhatikan pengembangan secara fisik di bandara- bandara di bawah korporasi," ujarnya.

(Baca: Kembangkan Hotel Bandara, AP II Gandeng Sejumlah Perusahaan Pengelola)

Kompas TV Libur Panjang, Penumpang Pesawat Melonjak

PenulisAchmad Fauzi
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X