4 Cara Cerdas Mencegah Pemborosan di Bulan Ramadhan - Kompas.com

4 Cara Cerdas Mencegah Pemborosan di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 20/05/2017, 06:00 WIB
BANJARMASIN POST/YAYU FATHILAL Penjual Lamang di pasar wadai Ramadan Banjarmasin. Lamang menjadi salah satu kuliner yang cukup dicari untuk menu berbuka puasa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi, adalah momen yang dinantikan khususnya oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Memasuki bulan suci ini, umumnya masyarakat muslim akan mengalami perubahan aktivitas sehari-hari.

Perubahan ini terlihat dari jam kerja, pola makan, pola jam tidur hingga pola pengeluaran keuangan. Terkadang pengeluaran saat ramadan juga bisa lebih banyak dibandingkan bulan biasanya.

Saat bulan Ramadhan, sebaiknya kita juga berhemat dalam pengeluaran, terlebih pengeluaran untuk makan.

Pasalnya, saat bulan Ramadhan, pola makan kita hanya dilakukan saat sahur dan berbuka, namun terkadang aneka macam makanan seperti wajib dihidangkan.

Padahal, aktivitas tersebut masih berlanjut hingga satu bulan berikutnya, sebisa mungkin kita upayakan untuk berhemat.

Berikut ini adalah 4 cara cerdas untuk mencegah pemborosan di bulan Ramadhan:

1. Buat Anggaran Khusus Bulan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan, tidak ada salahnya Anda membuat anggaran khusus harian selama bulan ramadan. Perkirakan berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk membeli hidangan berbuka puasa dan juga sahur.

Setelah membuat anggaran, ingat bahwa Anda harus tetap menyisihkan uang untuk menabung. Bulan ramadan datang, bukan berarti menabung dihentikan. Setidaknya sisihkan 10 persen untuk tabungan.

2. Membeli Persiapan Lebaran Sedini Mungkin

Menjelang Lebaran nanti, biasanya pengeluaran akan lebih banyak dari bulan biasanya. Terkadang makanan atau minuman yang tidak biasa dibeli, menjadi wajib dibeli saat hendak menjelang Lebaran. Jika ingin tetap hemat, sebaiknya berbelanja persiapan lebaranya dicicil sejak bulan Ramadhan.

Saat sebelum memasuki bulan Ramadhan dan selama bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok mungkin masih normal. Namun, menjelang lebaran harganya akan melonjak naik. Oleh sebab itu belanja persiapannya dari sekarang akan lebih hemat bukan.

3. Berkreativitas Selama Ramadhan

Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa saat bulan ramadan nanti, bukan berarti kita berhenti beraktivitas. Kita bisa tetap menampilkan sisi kreatif untuk mempersiapkan persiapan Lebaran, seperti membuat kartu ucapan atau membuat parsel.

Cobalah berkreasi untuk membuat parcel Lebaran sendiri. Dibandingkan harus membeli parsel dengan harga cukup mahal, sebaiknya kita membuat sendiri bukan, dengan konsep yang kita suka.

4. Manfaatkan Promo Khusus Ramadhan

Menjelang Ramadhan ini, rata-rata toko akan menghadirkan promo menarik yang berkaitan dengan kebutuhan ramadan. Promo ini akan hadir berupa diskon dan promo kartu kredit dengan cicilan 0 persen. Coba cari informasinya dari internet mengenai promo menarik dengan kartu kredit.

Pengeluaran Ramadhan Jangan Merusak Keuangan Jangka Panjang

Saat Ramadhan tiba, kebutuhan akan beberapa produk pokok memang akan meningkat. Namun, sebaiknya atur anggaran khususnya, agar tetap bisa teratur dan tidak menjadi berlebihan atau pemborosan. Pengeluaran Ramadhan jangan sampai merusak arus kas keuangan jangka panjang Anda.

EditorAprillia Ika
SumberCermati.com,
Komentar
Close Ads X