Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyeberangan ke Kepulauan Seribu Sekarang Dilayani KM Sabuk Nusantara 66

Kompas.com - 24/05/2017, 18:57 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (24/5/2017), meresmikan operasional kapal penyeberangan KM Sabuk Nusantara 66. Kapal tersebut nantinya melayani penyeberangan dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Kepulauan Seribu

Kasubdit Angkutan Laut dalam Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Wigyo mengatakan, KM Sabuk Nusantara 66 menggantikan KM Sabuk Nusantara 46 yang sebelumnya telah dioperasikan sejak Januari 2016.

(Baca: Pelni Resmi Layani Rute Pelabuhan Sunda Kelapa-Kepulauan Seribu)

"Ini wujud komitmen kami untuk memberikan pelayanan angkutan kapal ke Kepulauan Seribu. Kami juga menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia untuk menjadi operator KM Sabuk Nusantara 66," ujar Wigyo di Marina Batavia Jakarta, Rabu (25/3/2017). 

Wigyo menuturkan, KM Sabuk Nusantara 66 akan beroperasi setiap hari melayani rute Pelabuhan Sunda Kelapa-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Kelapa. 

KM Sabuk Nusantara 66, terang Wigyo, dapat menampung penumpang sebanyak 114 orang. Selain itu, kapal tersebut juga dapat menampung barang sebanyak 100 ton.

"Kapal ini juga akan terintegrasi dengan TransJakarta. Pemprov DKI juga telah bersedia siapkan TransJakarta dari depan Pelabuhan Sunda Kelapa ke Dermaga," imbuh dia.

Wigyo berharap, adanya KM Sabuk Nusantara 66 ini dapat meningkatkan keselamatan angkutan laut, khususnya di Kepulauan Seribu.

"Selama ini mobilisasi orang dan barang di Kepulauan Seribu masih dilayani kapal-kapal tradisional yang rentan keselamatannya. Oleh karena itu pemerintah menyediakan kapal perintis ini untuk masyarakat Kepulauan Seribu," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com