Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Makanan Minuman Tak Terganggu Pembatasan Kendaraan Logistik

Kompas.com - 24/05/2017, 23:10 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) menyatakan tidak terganggu dengan adanya aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang membatasi operasional kendaraan angkutan barang melintasi jalur mudik Lebaran 2017

Ketua Komite Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Gapmmi, Irwan S Widjaja mengatakan, pihaknya tidak terganggu karena pemerintah telah mensosialisasikan kebijakan tersebut jauh-jauh hari.

"Jauh-jauh hari pemerintah sudah mengundang dan bahas masalah logistik, seperti kapan truk-truk besar boleh lewat, kemudian kalau lewat, harus lewat mana dan jam berapa itu sudah dibahas, sejauh ini sudah disepakati bersama," ujarnya di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Karena sudah dibahas sejak lama, pelaku industri telah mengantisipasi dengan melakukan distribusi barang untuk keperluan bulan Ramdhan hingga Idul Fitri dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembatasan operasional angkutan barang ini tercantum pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Melalui Pembatasan Operasional Kendaraan Bermotor dan Penutupan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Pada Masa Angkutan Lebaran. 

Dalam hal ini, terang Menhub Budi Karya, angkutan barang akan dibatasi pada H-4 sebelum Lebaran hingga H+4 setelah Lebaran.

"Kita membatasi empat hari sebelum Lebaran dan empat hari sesudah Lebaran, terutama kendaraan angkutan barang tiga sumbu," ujar Menhub Budi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com