Nilai Bitcoin Kembali Tembus Level Tertinggi Sepanjang Sejarah - Kompas.com

Nilai Bitcoin Kembali Tembus Level Tertinggi Sepanjang Sejarah

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 25/05/2017, 14:30 WIB
YOSHIKAZU TSUNO / AFP Pengguna mengakses situs web Mt. Gox, bursa bitcoin terbesar di dunia

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai mata uang digital bitcoin mencapai rekor tertinggi baru pada Rabu (24/5/2017) waktu setempat. Nilai tukar bitcoin kini menembus 2.400 dollar AS.

Naiknya nilai tukar bitcoin tersebut sejalan dengan meningkatnya permintaan akan aset kripto tersebut. Ini terlihat dengan diciptakannya token-token baru untuk mendanai perusahaan rintisan atau startup dengan menggunakan teknologi blockchain.

Mengutip Reuters, Kamis (25/5/2017), blockchain adalah teknologi di balik bitcoin. Blockchain dikelola oleh satu jaringan berisi beberapa komputer yang dapat melacak pergerakan aset apapun tanpa perlu regulator sentral.

Bitcoin menyentuh rekor 2.409 dollar AS BTC=BTSP pada platform BitStamp. Sebelumnya, bitcoin sempat juga menyentuh angka 2.363 dollar AS.

Sejauh ini, sepanjang tahun 2017 nilai bitcoin sudah naik dua kali lipat.

Menurut pakar teknologi maupun kejahatan siber, semakin meningkatnya dominasi bitcoin di dunia online adalah lantaran total nilai dari seluruh bitcoin yang beredar sangatlah besar.

Selain itu, kini permintaan akan mata uang digital juga kian besar. Kuatnya permintaan bitcoin di Jepang juga memicu kenaikan nilai tukar virtual tersebut, yang bisa dipindahkan layaknya uang ke seluruh dunia dengan sangat cepat dan anonim. 

(Baca: Harga Bitcoin Torehkan Rekor Baru)

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
SumberReuters

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM