Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Masih Impor Singkong, Ini Komentar Menteri Perdagangan

Kompas.com - 26/05/2017, 14:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indonesia masih gemar mengimpor singkong dari luar negeri. Data Januari-April, impor singkong yang masuk ke Indonesia mencapai 1.200 ton.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menuturkan, impor singkong dilakukan oleh pelaku usaha tanpa campur tangan pemerintah.

"Impor singkong jalan sendiri dia, saya tidak memberikan izin, tapi dia impor sendiri," ujarnya di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Selama ini, tutur Mendag, singkong bukanlah barang yang impornya diatur oleh pemerintah. Dengan begitu impornya tidak perlu izin dari Kementerian Perdagangan.

Mendag tidak tahu persis mengapa industri masih mengimpor singkong. Ia menduga hal itu lantaran pasokan singkong dalam negeri kurang untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Pasokan singkong kurang bisa saja disebabkan oleh kurang minatnya petani menanam singkong. Menurut Mendag ada kemungkinan hal itu dipengaruhi harga jual singkong rendah.

"Saya enggak tahu impornya, mereka menutup kebutuhan dari kebutuhan industri, pabrik itu tidak bisa berhenti, sehingga melakukan impor," kata Mendag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com